Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ikuti Seminar Nasional dalam Mengakselerasi Indonesia Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional

WhatsApp Image 2021 10 12 at 11.03.09

HUMAS, Palembang - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan Indro Purwoko mengikuti Seminar Nasional yang digelar oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM RI, Selasa (12/10). Bertempat di Ruang Kerjanya, Kakanwil didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Dady Mulyadi) dan Kepala Divisi Administrasi (Rifqi Adrian Kriswanto).

Seminar Nasional bertema “Peran Kementerian Hukum dan HAM dalam Mengakselerasi Indonesia Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional” merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Tahun 2021 Kementerian Hukum dan HAM. Seminar ini menghadirkan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin sebagai keynote speech sekaligus membuka acara secara resmi.

Menteri Hukum dan HAM RI, Yassona H.Laoly dalam sambutannya menjelaskan bahwa seminar nasional ini adalah salah satu wujud nyata Kemenkumham RI mengambil peran dalam upaya mempercepat Indonesia sehat dan pembangunan Ekonomi Nasional. “Seminar Nasional ini diharapkan menjadi wadah penampung ide dan menghasilkan kajian ilmiah yang dapat digunakan dalam mengevaluasi kebijakan yang telah diambil, khususnya dalam upaya mempercepat Indonesia sehat dan pembangunan Ekonomi Nasional demi Indonesia yang lebih maju dan sejahtera,” tuturnya.

WhatsApp Image 2021 10 12 at 11.21.48

Sementara itu, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yang hadir secara virtual dalam arahanya berharap agar Kementerian Hukum dan HAM dapat proaktif melakukan reformasi di bidang legislasi serta regulasi untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. “Melalui seminar nasional kali ini, saya harap Kemenkumham dapat lebih proaktif melakukan reformasi di bidang legislasi dan regulasi yang diperlukan bagi upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional. Salah satu prioritas kita adalah mendorong agar para pelaku usaha terutama UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Serta menyediakan lapangan kerja secara signifikan,” ujarnya.  

Lebih lanjut, Wakil Presiden RI itu pun menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pimpinan dan jajaran Kementerian Hukum dan HAM atas pengabdian dan kontribusi yang telah diberikan dalam upaya penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Ia berharap, Peringatan HDKD Tahun 2021 ini dapat menjadi motivasi bagi jajaran Kementerian Hukum dan HAM di seluruh Indonesia untuk terus memberikan kontribusi sesuai bidangnya masing-masing.

Setelah dilakukan pembukaan secara resmi oleh Wakil Presiden RI, acara seminar nasional dilanjutkan dengan paparan dan diskusi yang menghadirkan narasumber dari unit utama Kemenkumham, seperti Sekretaris Jenderal (Komjen Pol Andap Budhi Revianto), Dirjen Kekayaan Intelektual (Dr.Freddy Haris), Kepala BPHN (Prof Widodo Ekatjahjanah), dan lain-lain. Serta narasumber dari pihak eksternal. Acara diakhiri dengan closing speech oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Prof. Edward Omar Sharif. (Humas Kanwil Sumsel)

WhatsApp Image 2021 10 12 at 11.21.48

WhatsApp Image 2021 10 12 at 11.21.48


Cetak   E-mail