Kakanwil Lakukan Pembinaan Tusi dan Monitoring di Lapas Empat Lawang

SAVE 20211002 180417

HUMAS, Empat Lawang - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan Indro Purwoko didampingi Kepala Divisi Administrasi Rifqi Adrian Kriswanto melakukan pembinaan tusi dan monitoring dalam rangka mencegah dan mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban yang berpotensi terjadi di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan), khususnya di Lapas Kelas IIB Empat Lawang, Sabtu (2/10).

Pertama tiba, Kakanwil langsung menuju dapur untuk mengecek kondisi kebersihan dan stok kebutuhan bahan makanan (bama). Selanjutnya Kakanwil mulai menyusuri lorong-lorong lapas, blok demi blok, hingga seluruh ruangan, semuanya tak ada yang luput dari pengamatan. “Tak henti-hentinya saya mengimbau seluruh petugas pemasyarakatan agar meningkatkan intensitas kontrol blok hunian, kontrol keliling kondisi fisik bangunan baik dinding kamar, teralis besi, brandgang, dan kondisi perkabelan listrik, serta melakukan razia penggeledahan pada kamar hunian agar semuanya sesuai dengan SOP. Selalu junjung tinggi integritas kita sebagai Petugas Pemasyarakatan,” tegasnya.

Selanjutnya, Kakanwil juga menyinggung mengenai pembangunan zona integritas pada Lapas Empat Lawang. "Pada kunjungan saya sebelumnya, mulai dari fasilitas, sarana hingga kelengkapan administrasi pada Lapas Empat Lawang masih sangat kurang. Tapi sekarang, Lapas Empat Lawang sudah berproses jauh lebih baik, sangat lebih baik. Saya yakin, jika Kalapas Empat Lawang Bapak Ridwantoro dan jajaran tetap konsisten dan komitmen melakukan perubahan, bukan tidsk mungkin Lapas Empat Lawang dapat meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi di tahun mendatang," ujar Kakanwil optimis. 

Sementara itu, Kepala Lapas Empat Lawang Mohammad Ridwantoro menjelaskan bahwa sejauh ini pihaknya terus berupaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban. “Kita selalu memberikan himbauan kepada petugas agar terus teliti dan serius dalam menjaga keamanan di Lapas Empat Lawang. Kami selalu memberantas halinar dan menekankan deteksi dini. Lalu mengenai pembangunan Zona Integritas, mohon kiranya Bapak Kakanwil dan tim agar selalu memberikan saran dan rekomendasi terbaik agar Lapas Empat Lawang dapat meraih WBK,” imbuhnya.

Diakhir kunjungannya, Kakanwil mengharapkan agar seluruh jajaran Pemasyarakatan harus bersatu, lebih maju, bahu membahu serta bergotong royong untuk lebih dapat meningkatkan keamanan, kenyamanan, serta pelayanan kepada masyarakat khususnya kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). (Humas Kanwil Sumsel) 

SAVE 20211002 180149

SAVE 20211002 180131

SAVE 20211002 180149

SAVE 20211002 180137


Cetak   E-mail