Kanwil Kemenkumham Sumsel Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021

WhatsApp Image 2021 10 01 at 8.31.37 AM

HUMAS, Palembang - Masih dalam situasi pandemi Covid-19, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 secara virtual melalui siaran langsung laman YouTube Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada Jumat (01/10).

Bertempat di Ruang Kerjanya, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Indro Purwoko didampingi Kepala Divisi Administrasi (Rifqi Adrian Kriswanto), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Dadi Mulyadi) turut hadir dan mengikuti bersama dengan para Pejabat Pengawas, Administrator, serta JFU dan JFT yang melaksanakan Work From Office (WFO).

‘Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila’, Itulah tema Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati pada tanggal 1 Oktober 2021. Di tingkat pusat, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta Timur dilaksanakan secara hybrid (kombinasi daring dan luring), sederhana dan khidmat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

WhatsApp Image 2021 10 01 at 8.31.37 AM

Rangkaian upacara dimulai dengan laporan Komandan Upacara kepada Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Selanjutnya, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Bambang Soesatyo bertindak sebagai pembaca naskah Pancasila. Setelahnya turut dibacakan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah La Nyalla Mattalitti. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani kemudian membacakan naskah Ikrar dan menandatangani naskah tersebut. Adapun Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membacakan doa yang menjadi penutup rangkaian acara.

Usai pelaksanaan upacara tersebut, Kakanwil Indro Purwoko mengatakan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu dijadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus dilakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan masa mendatang. "Tantangan dan ujian yang telah kita hadapi, mulai dari globalisasi sampai pandemi Covid-19 saat ini. Semua tantangan itu kita lewati berkat kekuatan persatuan dan persaudaraan bangsa yang dipandu ideologi Pancasila,” ujar Indro. (Humas Kanwil Sumsel)

WhatsApp Image 2021 10 01 at 8.31.37 AM

WhatsApp Image 2021 10 01 at 8.31.37 AM

WhatsApp Image 2021 10 01 at 8.31.37 AM


Cetak   E-mail