Silaturahmi dengan Timpora, Bersinergi Untuk Penguatan Pengawasan Dalam Rangka Penegakkan Hukum Keimigrasian

WhatsApp Image 2021 09 09 at 16.24.58

HUMAS, Palembang - Dalam rangka mempererat keharmonisan antar instansi yang terkait dengan tugas dan fungsi pengawasan orang asing di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel melakukan koordinasi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) OKU yang terletak di jalan Imam Bonjol Baturaja Timur, Baturaja, Jumat (9/10).

Kehadiran tim Divisi Keimigrasian yang dipimpin oleh Syafrizal selaku Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel itu disambut hangat oleh Kepala Bakesbangpol OKU (Taufiq) dan Kaposda OKU (Slamet Wibowo) diruangannya. Turut hadir juga pada kesempatan itu Kepala Imigrasi Kelas I TPI Palembang Azwar Anas, dan beberapa pejabat struktural dari Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan, Kantor Imigrasi Palembang, dan Kantor Imigrasi Muara Enim, serta pejabat fungsional Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Dalam pertemuan itu, suasana tampak sangat akrab dan cair, disela-sela obrolan santai Syafrizal menyampaikan bahwa tujuannya ke Baturaja adalah untuk bersilaturahmi dengan pihak-pihak yang terkait dengan tugas dan fungsi pengawasan warga negara asing. “Sesuai arahan pimpinan Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan untuk senantiasa menjalin hubungan baik dan bertukar informasi terkini dengan Tim Pemantauan Orang Asing (Timpora) yang ada di wilayah Sumatera Selatan, kami berharap soliditas dan koordinasi ini terus selalu terjaga demi tegaknya hukum di bidang keimigrasian di wilayah OKU ini”, ungkap Syafrizal.

Senada dengan Syafrizal, Azwar Anas selaku Kepala Imigrasi Palembang juga menyebutkan bahwa Kantor Imigrasi tidak dapat bergerak sendiri. Hal ini dikarenakan terbatasnya Kantor Imigrasi di wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Oleh karena itu diharapkan Tim Pora pada setiap kota dan kabupaten dapat sinergi dalam melakukan pegawasan terhadap keberadaan orang asing. “Orang asing yang ada di wilayah Sumatera Selatan harus memiliki maksud dan tujuan yang jelas, oleh karena itu kami perlu bantuan para stakeholder sekalian untuk menjalankan tusi kami terkait pengawasan dan penindakan orang asing yang terbukti melakukan pelanggaran”, ujarnya.

Sementara Kepala Bakesbangpol OKU (Taufiq) merasa sangat senang dengan silaturahmi yang memang sudah terjalin dengan baik selama ini, ia menyatakan selalu mendukung penegakan hukum di bidang keimigrasian di OKU dan termasuknya mendorong naiknya status UKK Baturaja menjadi Kantor Imigrasi Kelas III Baturaja agar pelayanan keimigrasian dan pengawasan orang asing di wilayah OKU semakin mudah. “Kami selalu terbuka dan mendukung teman-teman imigrasi, semoga silaturahmi dan sinergi ini selalu berkesinambungan agar kita semakin solid, dan kita berharap rencana status UKK Baturaja menjadi Kantor Imigrasi Kelas III segera terealisasi”, harapnya.

Usai bersilaturahmi dengan Bakesbangpol OKU, para rombongan Divisi Keimigrasian dan Kantor Imigrasi juga bersilaturahmi ke Pasi Intel Kodim 0403/OKU, dengan silaturahmi yang berkesinambungan ini diharapkan meningkatkan koordinasi, konsolidasi dan sinergisitas antar OPD dan instansi vertikal di kabupaten OKU dalam pemantauan orang asing dan tenaga kerja asing di provinsi Sumatera Selatan. (Humas Kumham Sumsel)

 

WhatsApp Image 2021 09 09 at 16.24.58

WhatsApp Image 2021 09 09 at 16.24.58

WhatsApp Image 2021 09 09 at 16.24.58

WhatsApp Image 2021 09 09 at 16.24.58

WhatsApp Image 2021 09 09 at 16.24.58

WhatsApp Image 2021 09 09 at 16.24.58


Cetak   E-mail