Kakanwil Lakukan Pembinaan Tusi dan Monitoring ke Lapas Lahat dan Bapas Lahat

IMG 20210730 WA0012

HUMAS, Lahat - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan Indro Purwoko melakukan pembinaan dan monitoring tusi ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat, Jumat (30/7) pagi. Dalam kunjungan kerjanya, Kakanwil memantau blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta sarana dan prasarana sebagai bentuk monitoring dan kontrol terhadap pelaksanaan keamanan dan ketertiban di Lapas Lahat.

Didampingi Plt. Kepala Lapas Kelas IIA Lahat, Pudjiono Gunawan, Kakanwil langsung menuju kamar hunian dan blok WBP. Mereka juga berkomunikasi langsung dengan WBP terkait layanan dan mencocokkan isi kamar hunian dengan sterek. "Sterek harus sesuai kamar dan perhatikan pemerataan isi kamar,” pesan Kakanwil. Dalam arahannya kepada jajaran petugas, Kakanwil meminta untuk merutinkan deteksi dini terhadap potensi gangguan kamtib.

Satu hal yang menjadi perhatian Kakanwil adalah mengenai Bimker Lapas Lahat yang sedang memberikan pelatihan Kemandirian kepada WBP. Lapas Lahat bekerja sama dengan BLK Kabupaten Lahat guna memberikan Pelatihan Perbaikan AC, Pelatihan Otomotif/ Perbengkelan, Pelatihan Menjahit dan Pelatihan Tata Boga. "Saya optimis sarana bimker sebagai tempat pembinaan life skill ini sangat bermanfaat bagi WBP, mereka akan memiliki keahlian yang nantinya bisa diterapkan setelah bebas sehingga tingkat pengulangan untuk melakukan tidak pidana akan berkurang dan mereka akan menyatu dengan masyarakat sesuai dengan harapan dan cita-cita pemasyarakatan," tutur Kakanwil.

Ia juga meminta jajaran Lapas Lahat agar memperhatikan kondisi lingkungan kantor, kamar, dan blok hunian agar tetap bersih, tingkatkan kedisiplinan organisasi dan petugas, serta berikan pelayanan yang baik dan maksimal kepada WBP. Kepada para petugas jaga ia juga berpesan untuk selalu mencegah adanya pungutan liar dan menghindari penyalahgunaan narkoba.

IMG 20210730 WA0022

Plt. Kalapas Lahat Pudjiono Gunawan berjanji akan menindaklanjuti arahan yang disampaikan oleh Kakanwil. “Kami akan mendukung dan menindaklanjuti seluruh arahan pimpinan demi terselenggaranya perbaikan jalannya tugas dan fungsi di Lapas Lahat untuk ke depannya,” janji Pudji.

Selanjutnya, Kakanwil melanjutkan monitoring ke Bapas Kelas II Lahat. Setibanya di sana, Indro langsung meninjau seluruh bagian, mulai dari ruang pelayanan hingga ruang sidang Litmas. Kepada tim humas Bapas Lahat, ia juga meminta agar segera memasang banner Core Values "BerAKHLAK" dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) "Bangga Melayani Bangsa" yang baru-baru ini digaungkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Kunjungan kerja tersebut diakhiri dengan foto bersama seluruh pegawai Bapas Kelas II Lahat dengan Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Indro Purwoko. (Humas Kumham Sumsel)

 IMG 20210730 WA0018IMG 20210730 WA0018

 IMG 20210730 WA0031

IMG 20210730 WA0031

 

IMG 20210730 WA0018

IMG 20210730 WA0034

 


Cetak   E-mail