Persiapan Desk Evaluasi Menuju WBK/WBBM, Kanwil Kemenkumham Sumsel Lakukan Simulasi Bersama 22 Satker

1

HUMAS, Palembang – Menghitung hari pelaksanaan Desk Evaluasi Satuan Kerja Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan oleh Tim Penilai Internal Kemenkumham, jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel semakin mempersiapkan diri dengan melakukan Simulasi Desk Evaluasi, Jumat (7/5).

Simulasi Desk Evaluasi ini dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Administrasi Rifqi Adrian Kriswanto selaku Ketua Tim Pokja Pembangunan ZI yang didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan (Dadi Mulyadi), Kepala Divisi Keimigrasian (Herdaus), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Siar Hasoloan Tamba) serta Tim Sekretariat Kantor Wilayah Sumatera Selatan. Diikuti oleh 22 satuan kerja di lingkungan Sumatera Selatan yang telah diusulkan berpredikat WBK/WBBM. Adapun satuan kerja yang dilakukan simulasi pada Jumat, 7 Mei 2021 ini antara lain Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Palembang, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim, Kantor Imigrasi Non TPI Kelas II Muara Enim, Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Palembang dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang.

WhatsApp Image 2021 05 07 at 14.58.38

Simulasi dilaksanakan selama 60 menit. Alur simulasi diawali dengan penampilan yel-yel dan jingle WBK/WBBM, mempresentasikan Duta Layanan atau memperlihatkan Maskot WBK/WBBM (jika ada), penayangan video yang memuat Profile dan Proyek Perubahan satuan kerja yang disertai dengan Testimoni dari pengguna layanan, hingga penyajian paparan oleh Kepala Satuan Kerja selama 30 menit mengenai proses pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM (before and after 6 area perubahan) dan Manajemen Resiko atas Pelayanan Publik.

Dari beberapa Satuan Kerja yang telah melakukan Simulasi Desk Evaluasi, Kepala Divisi Administrasi menyampaikan apresiasi atas kinerja yang telah dilakukan oleh seluruh satuan kerja. Dia juga memberikan arahan dan saran agar memperhatikan durasi waktu ketika menyampaikan video dan paparan. “Perhatikan durasi waktu agar apa yang disampaikan efektif. Sisanya sudah baik dan tinggal dimatangkan kembali persiapan Desk Evaluasi oleh Tim Penilai Internal nanti. Selalu lakukan perbaikan, jangan sampai ada kesalahan. Terus berbenah membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM,” kata Rifqi.

Ditambahkan Kepala Divisi Keimigrasian, bahwa satuan kerja harus menyiapkan operator dan jaringan internet dengan semaksimal mungkin. “Karena jangan sampai ketika penayangan video atau paparan, malah terputus ataupun tidak menghasilkan suara. Pastikan semua berjalan dengan maksimal. Selalu berkoordinasi dengan Kanwil mengenai kelancaran kegiatan,” ujar Herdaus.

Senada dengan yang lain, Kepala Divisi Pemasyarakatan juga mengoreksi mengenai kelengkapan sarana dan prasarana satker. “Selalu perhatikan kelengkapan sarpras, khususnya bagi pengguna disabilitas, jangan sampai kita melalaikan hak mereka. Semoga apa yang telah ditampilkan hari ini sesuai dengan hasil di lapangan ketika TPI berkunjung langsung,” tutup Dadi. (Humas Kanwil Sumsel)

 

 

1

1

1

1


Cetak   E-mail