Sosialiasi Pengelolaan Aplikasi e-Lapor, Kunci Sukses Layanan Laporan Publik

IMG 20210503 WA0015

HUMAS - Palembang. Menindaklanjuti launching Aplikasi LAPOR!, Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM menyelenggarakan sosialisasi pengelolaan e-Lapor pada semua Kantor Wilayah Kemenkumham dan satuan kerja di seluruh Indonesia (3/5). Bertempat di ruang teleconference, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, diwakili Kasubbag Humas, RB & TI (Hamsir) bersama anggotanya selaku admin aplikasi LAPOR!. 

 e-Lapor, merupakan aplikasi mobile versi khusus administrator berbasis Android dan IOS yang dimotori oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam menyampaikan keluhan. 

 Hadir sebagai narasumber, Analis Kebijakan Muda Sub-Koordinator Sistem Informasi Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Rosikin. Sementara itu, Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM diwakili oleh Kepala Bagian Advokasi Hukum, Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama (Deswati).

 IMG 20210503 WA0008

Pada kesempatan ini, para administrator aplikasi e-lapor secara aktif berdiskusi terkait kendala dan strategi dalam menanggapi berbagai keluhan masyarakat. 

“Dengan di-launching nya aplikasi ini, tidak ada lagi alasan bagi kita untuk menunda atau tidak merespon pengaduan secara cepat tanggap. Para admin harus menanggapi sesuai dengan SOP dan rentan waktu yang telah ditentukan,” ujar Deswati. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan merespon laporan yang masuk atas pengaduan untuk pembangunan yang lebih baik.

(Humas Kanwil Sumsel)

IMG 20210503 WA0012

IMG 20210503 WA0010

IMG 20210503 WA0009