Jajaran Kanwil Sumsel Mengikuti Daring Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Kemenkumham

WhatsApp Image 2021 04 21 at 12.44.03 PM

Palembang – Humas, Bertepatan dengan hari Kartini. Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan menghadiri via daring melalui zoom meeting Kegiatan Pembukaan Pelatihan Dasar (Orientasi) Calon Pegawai Negeri Sipil TA. 2021 di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Kepala Kantor Wilayah, Indro Purwoko, bertempat di Aula Lt.3 Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan mengikuti langsung kegiatan ini. Rabu(21/04).

Diawali dengan laporan kegiatan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM, Asep Kurnia. Dalam kegiatan ini turut mengundang Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) R.I yang diwakili oleh Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN, Erna Irawati. Turut mengundang pula Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) R.I yang diwakili oleh Kepala Status dan Kedudukan Pegawai, Paryono.

WhatsApp Image 2021 04 21 at 10.18.36 AM 1

Menteri Hukum dan HAM R.I pada kegiatan ini diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM R.I, Komjen. Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K,M.H. membuka secara resmi kegiatan Orientasi CPNS ini. Sebelumnya beliau meyampaikan amanat Menkumham. Sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, bahwa dalam rangka pelaksanaan cita-cita bangsa dan mewujudkan tujuan negara sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, perlu dibangun aparatur sipil negara yang memiliki integritas, profesional, netral dan bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat dan mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Maka dibutuhkan karakter negara yang dapat mengambil peran dalam perbaikan tata kelola pemerintahan demokratis dan transparan. “Diharapkan dari perkembangan yang ada bahwa masing-masing kita harus mempunyai kesamaan dalam pembentukan karakter calon pegawai secara nasional”, ujarnya.

Lebih lanjut Sekjen Kemenkumham menyampaikan dalam Peraturan Pemerintah 11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS terdapat ketentuan CPNS agar diangkat menjadi PNS, wajib menjalani masa percobaan selama satu tahun (Prajabatan), proses dilakukan secara integrasi, pendidikan dan pelatihan hanya dapat diikuti satu kali. Kementerian Hukum dan HAM R.I menimbang kondisi yang masih dalam pandemi tentang penyelenggaraan kegiatan ini maka orientasi dilakukan secara Distance Learning. Orientasi ini diikuti sebanyak 4776 orang CPNS yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam amanat yang disampaikan oleh sekjen , Menkumham berharap kepada seluruh peserta agar dapat lulus semuanya, karena peserta yg tidak lulus tidak dapat mengikuti gelombang berikutnya.

Mendampingi Kepala Kantor Wilayah, hadir langsung Kepala Divisi Pemasyarakatan, Dadi Mulyadi. Kepala Divisi Administrasi, Rifqi Adrian Kriswanto. Kepala Bagian Umum, Herman Sawiran. Kepala Sub Bagian Kepegawaian, TU & RT, Dedy Zulian beserta staf bagian Kepegawaian Kantor Wilayah.

WhatsApp Image 2021 04 21 at 12.46.28 PM

WhatsApp Image 2021 04 21 at 10.18.36 AM

WhatsApp Image 2021 04 21 at 12.56.40 PM

(Humas Kanwil Sumsel)