Sekda OKU Siap Dukung Peningkatan UKK Baturaja Menjadi Kantor Imigrasi Kelas III

PicsArt 03 19 08.20.50

HUMAS, OKU - Usai melakukan kunjungan ke Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim yang berlokasi di Kota Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Tim Koordinasi Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan yang diketuai oleh Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian, Junior Manerep Sigalingging, melakukan anjangsana ke Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten OKU, Jumat (19/3).

Kunjungan dinas ke pemda kali ini disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten OKU, Achmad Tarmizi, bertempat di ruang kerjanya. 

Pada kesempatan ini juga turut hadir Kepala Subbidang Informasi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel (Siti Lismawati), Kepala Seksi Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian Kanim Muara Enim (Rahadi Rachman), dan Kepala UKK Baturaja (Ardi Widodo).

PicsArt 03 19 08.20.50

Pada pertemuan tersebut, kepada Sekda OKU disampaikan mengenai berbagai kendala di UKK Baturaja sejak mulai diresmikan pada tanggal 2 Oktober 2019 hingga sekarang. Seperti diketahui bahwa gedung UKK Baturaja saat ini masih dalam proses hibah dari Pemda OKU serta pegawai unitnya yang berstatus non-ASN sebanyak 13 orang masih menerima gaji yang relatif rendah. 

Junior Manerep Galingging selaku Kabid Infokim menyampaikan bahwa Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kanwil Kemenkumham Sumsel dan Pemda OKU terkait pinjam pakai gedung UKK Baturaja juga akan segera berakhir. "Dengan ini kami memohon bantuan Pemda OKU agar proses hibah gedung UKK dapat segera diselesaikan. Besar juga harapan kami kalau nantinya UKK ini bisa ditingkatkan menjadi Kantor Imigrasi Kelas III di Kabupaten OKU," ungkap Junior kepada Sekda OKU.

Sekretaris Daerah OKU, Achmad Tarmizi, merespons dengan baik dan siap mendukung peningkatan UKK menjadi Kanim Kelas III. "Tentunya kami akan terus mendorong cita-cita mulia dari Kemenkumham Sumsel untuk menghadirkan Kantor Imigrasi di OKU. Perihal ini akan dibicarakan lebih lanjut mengingat posisi Bupati OKU masih dalam kekosongan jabatan, sehingga harus menunggu penunjukan Penjabat (Pj.) Bupati dalam waktu dekat," ujar Tarmizi.

Beliau juga mengatakan bahwa perlu diadakan diskusi dengan Departemen Agama (Depag) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat, karena gedung pinjam pakai tempat berdirinya UKK saat ini merupakan bagian dari Gedung Islamic Center. Menutup pertemuan tersebut, ia juga berjanji akan menambah personel pegawai dan membantu pembayaran fasilitas jaringan internet di UKK Baturaja. (Humas Kanwil Sumsel) 

PicsArt 03 19 08.20.50

PicsArt 03 19 08.20.50

PicsArt 03 19 08.20.50

PicsArt 03 19 08.20.50


Cetak   E-mail