Jalin Sinergi dan Tingkatkan Fungsi di Wilayah, Divisi Keimigrasian Kanwil Sumsel Kunjungi UKK Baturaja dan Badan Kesbangpol OKU

PicsArt 03 18 11.58.29

HUMAS, OKU - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melalui Divisi Keimigrasian terus meningkatkan pengawasan di bidang keimigrasian. Dipimpin oleh Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian (Junior Manerep Sigalingging) serta Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Syafrizal N.), Tim Divisi Keimigrasian melakukan kunjungan ke Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim yang berlokasi di Kota Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU) pada Kamis (18/3).

 Kunjungan kerja rombongan Divisi Keimigrasian ini disambut oleh Kepala Seksi Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian Kanim Muara Enim (Rahadi Rachman) dan 

Kepala UKK Baturaja (Ardi Widodo), yang dalam hal ini langsung mengajak rombongan untuk meninjau sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan di UKK Baturaja. Selanjutnya, kegiatan diteruskan dengan pengarahan oleh Tim Divisi Keimigrasian.

 Bertempat di ruang rapat pertemuan, Ardi Widodo selaku Kepala Unit menjelaskan bahwa UKK Baturaja mulai diresmikan sejak tanggal 2 Oktober 2019. "Saat ini pegawai UKK hanya berjumlah 3 orang ASN dan 13 orang yang berstatus Non-ASN," jelas Ardi. Beliau juga menyampaikan berbagai kendala yang tengah terjadi di unitnya, seperti gedung kantor yang masih dalam proses hibah dari Pemerintah Daerah Kabupaten OKU, kondisi internet dan tegangan listrik yang kurang memadai, hingga penurunan gaji bagi pegawai Non-ASN. Hal itu pun dibenarkan oleh Kasi Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian, Rahadi Rachman.

Junior Manerep Galingging selaku Kabid Infokim berjanji akan terus melakukan monitoring sekaligus mendorong proses hibah gedung UKK dari Pemda OKU agar berjalan cepat, sehingga nantinya memungkinkan untuk menjadikan UKK Baturaja sebagai Kantor Imigrasi Kelas III di Kabupaten OKU.

Kunjungan kerja berikutnya dilaksanakan di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten OKU yang disambut oleh Sekretaris Badan Kesbangpol (Novian Ardi). Anjangsana Tim Divisi Keimigrasian kali ini sebagai tindak lanjut atas keterkaitan Badan Kesbangpol khususnya pada Bidang Wasnas sebagai salah satu anggota Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) yang menangani masalah intelijen di wilayah Sumsel.

 Lebih lanjut, Syafrizal selaku Kabid Inteldakim mengucapkan terima kasih atas sinergi yang terjalin dengan Badan Kesbangpol yang selama ini tergabung dalam Tim PORA. Ia juga berharap agar setiap stakeholder terkait terus membantu Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel dalam melakukan tugas dan fungsi keimigrasian di tiap wilayah. Hal yang sama juga disampaikan oleh Syafrizal beserta rombongan saat berkunjung ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten OKU pada hari yang sama. (Humas Kumham Sumsel)

PicsArt 03 18 11.58.29

PicsArt 03 18 11.58.29

PicsArt 03 18 11.58.29

PicsArt 03 18 11.58.29

PicsArt 03 18 11.58.29

PicsArt 03 18 11.58.29

PicsArt 03 18 11.58.29

PicsArt 03 18 11.58.29

PicsArt 03 18 11.58.29

PicsArt 03 18 11.58.29


Cetak   E-mail