Kunjungi Lapas Pagaralam, Kakanwil Indro Purwoko Berikan Penguatan Tusi dan Tinjau Lahan Baru

1

HUMAS, Pagaralam – Kamis (18/2), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan Indro Purwoko didampingi Kepala Divisi Keimigrasian (Herdaus) dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Siar Hasoloan Tamba) melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Pagaralam. Kunjungan kerja ini berfokus pada monitoring kinerja dan pengecekan lahan baru yang rencananya akan menjadi lahan baru untuk Lapas Kelas III Pagaralam.

Mengawali kunjungannya, Kakanwil Indro Purwoko berbincang sejenak dengan Kepala Lapas Kelas III Pagaralam Jalaluddin mengenai situasi dan kondisi terkini di lapas. Selanjutnya, Kalapas pun memandu langsung ke lapangan guna memantau pelaksanaan kinerja di Lapas Kelas III Pagaralam. Tak lupa, Kakanwil juga menyempatkan diri berdialog dengan Warga Binaan Pemasyarakatan yang ada disana yang kemudian memberikan penguatan kepada petugas pemasyarakatan yang ada.

“Kita telah melaksanakan Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Zona Integritas kemarin, maka jangan anggap itu hanya seremonial. Itu adalah janji dan komitmen kita bersama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat guna mewujudkan Lapas Pagaralam yang bebas dari korupsi dan birokrasi bersih yang lebih melayani. Buat lingkungan kerja senyaman mungkin, bagaimana? Ciptakan lingkungan kerja yang sehat dan rapi agar kita bekerja bisa nyaman dan maksimal,” ujar Kakanwil.

WhatsApp Image 2021 02 17 at 20.10.33

Lebih lanjut, Kakanwil Indro Purwoko juga mengajak seluruh petugas Pemasyarakatan Lapas Kelas III pagaralam agar tidak berbuat hal yang akan merugikan diri sendiri. “Segala sesuatu itu kontrolnya ada di diri kita sendiri. Jangan tergiur dengan narkoba, jangan tergiur dengan pungli dan gratifikasi. Negara sudah membayar kita dengan tunjangan yang baik, maka harus perbanyak bersyukur,” lanjutnya.

Sesaat setelah memberikan penguatan, Kakanwil didampingi Kalapas melakukan peninjauan lahan yang rencananya akan dijadikan lahan baru untuk Lapas Kelas III Pagaralam. Lapas yang saat ini tengah menampung 189 Warga Binaan Pemasayarakatan (WBP) ini mengalami overload dari kapasitas yang semestinya hanya menampung 80 WBP. Faktanya pun, seluruh lapas di Indonesia pun telah mengalami overcapacity. “Lahan baru ini sangat bagus dan produktif. Semoga Bapak Kalapas dan jajaran mampun mengelolanya dengan baik guna memberikan manfaat kesejahteraan bersama bagi seluruh pegawai ataupun WBP Lapas Kelas III Pagaralam,” pesan Kakanwil.

Kepala Lapas Kelas III Pagaralam Jalaluddin juga merespon baik hal tersebut. “Terkait rencana pemindahan Lapas Kelas III Pagaralam, kami sudah mensurvei lokasi di Wilayah Ulu Rurah, Pagaralam Selatan. Lahan tersebut adalah lahan hibah dari Pemerintah Kota Pagaralam seluas kurang lebih 2 hektar.  Seperti yang Bapak Kakanwil sudah lihat, lahan baru ini sangat produktif, akan kami manfaatkan semaksimal mungkin. Rencananya jika tidak ada halangan akan dimulai proses pembangunan pada tahun 2021,” jelas Kalapas. (Rilis/Foto/Editor: Willi/Eryl/Kasubag HRBTI, Hamsir)

1

11

1

1

1


Cetak   E-mail