Dari Inovasi hingga Prestasi, Peringatan Hari Dharma Karyadhika ke-75 Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2020

a

HUMAS, Palembang – Upacara Peringatan Hari Dharma Karyadhika ke-75 Tahun 2020 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dilaksanakan secara serentak di seluruh Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis se-Indonesia dengan terpusat dari Graha Pengayoman, Kementerian Hukum dan HAM Jakarta. Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly tampil menjadi Inspektur Upacara dalam kegiatan yang  direlay secara virtual melalui aplikasi zoom tersebut, Selasa (27/10).

Kantor Wilayah Sumatera Selatan juga turut melaksanan Upacara Peringatan HDKD ke-75 langsung dari Aula Kanwil. Tampak hadir Para Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas, serta Pejabat Fungsional dan Pelaksana di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan.

Mengawali rangkaian upacara, dibacakan sejarah singkat Kementerian Hukum dan HAM oleh Sekretaris Jenderal Bambang Rantam Sariwanto. Selanjutnya, giliran Inspektur Upacara Yasonna H Laoly yang menyampaikan amanat. “Mengangkat tema ‘Layanan Publik Digital Kementerian Hukum dan HAM, Menuju Indonesia Maju’, Peringatan HDKD ini semoga bisa kita jadikan momentum dalam membangun bersama revolusi digital dalam administrasi pelayanan publik. Ini adalah saatnya kita tumbuh, saatnya kita berevolusi,” ujar Yasonna dalam amanatnya.

WhatsApp Image 2020 10 27 at 11.20.46 1

Sejalan dengan adanya revolusi digital layanan Kementerian Hukum dan HAM, Upacara HDKD ini juga diiringi dengan Syukuran serta Launching Aplikasi e-visa dan Aplikasi SIPKumham (Sistem Informasi Penelitian Hukum dan HAM). Aplikasi ini adalah bagian dari inovasi dibidang Keimigrasian dan dibidang Hak Asasi Manusia. “Saya berharap, hal ini akan dilanjutkan dengan proses digitalisasi seluruh administrasi pelayanan publik Kementerian Hukum dan HAM. Penerapan layanan visa elektronik dapat membawa pesan positif pada dunia luar, bahwa Indonesia telah melakukan reformasi birokrasi dan siap menjadi tujuan investasi. Sedangkan aplikasi SIPKumham sebagai database permasalahan hukum dan HAM pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence, diharapkan dapat merespon permasalahan layanan publik lebih cepat serta dapat terpetakan secara komprehensif dan realtime. Semoga aplikasi ini memberikan kemudahan dalam memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia, bahkan dunia,” jelas Yasonna.

Pemberian Penghargaan

Setelah gelaran upacara selesai, dirangkaikan juga syukuran sekaligus pemberian penghargaan kepada Aparatur Sipil Negara Kementerian Hukum dan HAM se-Indonesia dan instansi eksternal yang telah memberikan kontribusi besar dalam kemajuan organisasi serta bersinergi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. Langsung dari Graha Pengayoman, diumumkan bahwa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan menjadi Terbaik Ketiga Kategori Kantor Wilayah dalam Jumlah Pemberitaan Pelaksanaan Kinerja melalui Website dan Pengelolaan Media Sosial Tahun 2020. Selain itu, juga diumumkan Pegawai Berprestasi di Lingkungan Kanwil Sumatera Selatan Tahun 2020.

WhatsApp Image 2020 10 27 at 11.20.40

a

“Semoga dengan diraihnya prestasi ini, Kanwil Kemenkumham Sumsel bisa semakin terpacu untuk berkinerja lebih baik, khususnya dalam hal publikasi dan pengelolaan media sosial dalam menyebarkan citra positif Kementerian Hukum dan HAM. Pada Peringatan Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2020 ini, jadikan sebagai momentum bersama untuk membangun bangsa dan negara, menuju Indonesia Maju,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan, Ajub Suratman.

Selanjutnya, juga diberikan penghargaan kepada instansi di Lingkungan Sumatera Selatan yang telah berkontribusi dalam kinerja Kanwil Kemenkumham Sumsel. Instansi tersebut antara lain Kantor Regional VII Badan Kepegawaian Negara Palembang atas kontribusinya dalam membantu Pelaksanaan Penerimaan CPNS pada Kanwil Kemenkumham Sumsel Tahun Penerimaan 2019, serta Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas Utara atas kontribusinya dalam pemberian layanan kesehatan dan pemberian bantuan penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Surulangun Rawas dan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Muara Beliti.

Di akhir kegiatan, dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kanwil Kemenkumham Sumsel dengan PT. Pegadaian (Persero) Kantor Area Palembang tentang Sinergi dalam Pemanfaatan Layanan dan Produk Pegadaian. (Rilis/Foto/Editor: Willi/Nanda/Kasubag HRBTI, Hamsir)

a

a

a

a

a

a

a

a

a

a

a

a


Cetak   E-mail