Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPANRB Tinjau Sarpras di Kemenkumhan Sumsel

WhatsApp Image 2020 09 18 at 10.55.11 1Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB (Diah Natalisa) dan Kakanwil Kemenkumham Sumsel (Ajub Suratman)

HUMAS, Palembang – Untuk memastikan penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan betul-betul berjalan berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel mengundang Diah Natalisa selaku Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) untuk melakukan peninjauan fasilitas pelayanan publik di Kantor Wilayah.

Selain itu juga, Kakanwil berharap dengan kehadiran Deputi Bidang Pelayanan Publik di Kantor Wilayah ini dapat memberikan dampak positif kepada Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel yang sedang gencar membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Sebagai bentuk komitmennya dalam mengedepankan Pelayanan Publik, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan (Ajub Suratman) secara langsung menyambut kehadiran Ibu Diah Natalisa di Kantor Wilayah didampingi Kepala Divisi Administrasi (Rifqi Adrian Kriswanto) beserta jajaran Kantor Wilayah. Kehadiran Diah Natalisa itu juga disambut dengan penampilan Yel-yel WBK Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel.

Dalam pemantauan pelayanan publik itu, Kakanwil memandu secara langsung kunjungan Ibu Diah ke setiap ruangan dan fasilitas pelayanan publik Kantor Wilayah, diawali dengan menggunakan fasilitas layanan publik dalam menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan pengecekan suhu badan oleh Duta Layanan, Kakanwil juga mengajak Diah untuk meninjau beberapa fasilitas seperti area parkir, pegangan tangan dan kursi roda khusus untuk pengguna layanan berkebutuhan khusus (disabilitas), ruang pelayanan, ruang laktasi (menyusui), ruang pengaduan, perpustakaan JDIH, area bermain anak, serta pengecekan banner-banner informasi dan pengaduan.

Selanjutnya, dijelaskan Kakanwil, Kantor Wilayah juga menghadirkan Duta Layanan yang akan menyambut dan memberikan informasi kepada masyarakat yang datang sebagai calon pengguna layanan. "Para petugas duta layanan akan memberikan informasi dan memandu calon pengguna layanan hingga yang bersangkutan mendapatkan layanan yang diinginkan", papar Kakanwil.

Ditengah pandemi Covid-19 sekarang ini, Kantor Wilayah juga sudah menerapkan aturan protokol kesehatan seperti wajib memakai masker, pengecekan suhu badan, dan mencuci tangan. Kemudian, Kantor Wilayah Sumsel juga melakukan beberapa penyesuaian fasilitas layanan seperti penerapan Social Distancing pada ruang tunggu layanan dan penambahan tabir (pembatas) transparan pada meja ruang layanan.

Rifqi Adrian Kriswanto selaku Kepala Divisi Administrasi juga menambahkan dalam mendukung pelayanan publik, Kantor Wilayah Sumatera Selatan juga melakukan beberapa inovasi pelayanan publik seperti digitalisasi sistem antrian pelayanan publik, digitalisasi perpustakaan JDIH, aplikasi Konsultasi Hukum Online, aplikasi Pengajuan Pelantikan PPNS dan Notaris online, serta Survei Kepuasan Masyarakat berbasis online menggunakan QR-Code.

Usai meninjau sarpras terutama di ruang pelayanan, Deputi Bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa menyampaikan bahwa saat ini Kementerian PAN-RB sedang berkomitmen mendorong percepatan sarpras yang ramah bagi kaum rentan sebagaimana tertera dalam Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 66 Tahun 2020 tentang Penyediaan sarana dan Prasarana bagi Kelompok Rentan dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Ia juga memberikan apresiasi atas upaya penataan dan dekorasi ruang dibeberapa titik yang telah dilakukan jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel,  Diah juga menyampaikan harapannya agar Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Selatan terus meningkatkan kelengkapan sarana dan prasarana, serta pelayanan yang ada di satuan kerja dibawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Selatan. (Rilis/foto/editor: Dera/Nanda/Kasubag. HRBTI)

WhatsApp Image 2020 09 18 at 10.55.11

WhatsApp Image 2020 09 18 at 10.11.47

WhatsApp Image 2020 09 18 at 10.11.47

WhatsApp Image 2020 09 18 at 10.11.47

WhatsApp Image 2020 09 18 at 10.55.11 8

WhatsApp Image 2020 09 18 at 10.55.11 8

WhatsApp Image 2020 09 18 at 10.55.11 8

WhatsApp Image 2020 09 18 at 10.55.11 8

WhatsApp Image 2020 09 18 at 10.55.11 8


Cetak   E-mail