Kunjungan Kepala Divisi Pemasyarakatan ke Lapas Kelas III Surulangun Rawas dan Bapas Kelas II Musi Rawas Utara

1

HUMAS, Palembang- Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Alfi Zahrin Kiemas kembali melakukan kunjungan kerja dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel, Jumat (21/8). Adapun UPT yang dikunjungi yaitu Balai Pemasyarakatan Kelas II Musi Rawas Utara dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sarolangun Rawas.

Kedatangan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv Pas) beserta rombongan disambut hangat oleh Kepala Lapas Kelas III Surulangun Rawas Indra Yudha, Amd. IP., SH., dan Kepala Bapas Muratara M. Bahrun beserta seluruh pejabat struktural dan pegawai Lapas Kelas III Surulangun Rawas dan Bapas Muratara.

Mengawali kedatangannya di Lapas Kelas III Surulangun, Kadiv Pas melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker dan tetap menjaga physical distancing. Setelah itu, Kadiv Pas didampingi Kalapas dan Kabapas langsung menuju dapur masak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk melakukan peninjauan. Beberapa hal yang menjadi perhatiannya ialah menu makan WBP, kebersihan lingkungan dapur seperti bahan makanan dan alat memasak. Serta kesehatan para WBP petugas dapur.

Beranjak dari dapur, Kadiv Pas lalu menuju ke Blok Hunian WBP guna meninjau kondisi kamar hunian mulai dari kebersihan lingkungan serta kesesuaian prosedur penentuan jumlah warga binaan di dalam kamar dengan yang ada di lapangan. Selanjutya, Kadiv Pas melanjutkan ke area beranggang samping dan beranggang belakang, meninjau kegiatan pembinaan WBP yang sedang berlangsung seperti pembudidayaan benih ikan, budidaya pertanian dan hidroponik, serta produksi tempe kedelai. Dia juga meninjau keamanan tembok luar dan kebersihan serta sistem pembuangan sampah di Lapas Kelas III Surulangun Rawas. “Sejauh yang saya pantau, kondisi disini sudah cukup baik. Saya sarankan agar ditambah lahan hidroponik agar tumbuhan yang ditanam jadi lebih banyak dan beragam. Untuk soal kebersihan lingkungan lapas agar selalu dijaga. Ingat pesan Kakanwil, ciptakan lingkungan lapas/rutan yang Berapi dan Endang. Bersih aman rapi indah dan Enak dipandang,” ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Alfi Zahrin.

WhatsApp Image 2s020 08 21 at 18.39.50

Selepas meninjau lingkungan lapas, Kadiv Pas pun mengumpulkan seluruh jajaran untuk diberikan pengarahan terkait pelaksanaan tugas dan fungsi petugas pemasyarakatan. Kegiatan pengarahan ini dengan sambutan dari Kepala Lapas Kelas III Surulangun Rawas Indra Yudha. Dia menjelaskan secara umum kondisi Lapas. “Yang terhormat Bapak Kadivpas Alfi Zahrin, saat ini kami laporkan bahwa pegawai Lapas Kelas III Surulangun Rawas berjumlah 35 orang dan jumlah WBP 168 Orang, dengan situasi lapas aman dan terkendali. Selain itu kami laporkan juga mengenai kegiatan pembinaan WBP mulai dari pertanian, perikanan, hingga kerohanian. Kegiatan pembinaan kerohanian bekerja sama dengan Pesanteren Tazakah untuk menambah wawasan agama bagi WBP, untuk penyelenggaraan layanan kesehatan Lapas Kelas III Surulangun Rawas mendatangkan dokter dan perawat dari Puskesmas Surulangun Rawas setiap satu pekan sekali,” tutur Kalapas Surulangun Rawas.

Selanjutnya, giliran Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel Alfi Zahrin Kiemas kepada yang memberikan arahan. "Jaga integritas kita sesuai komitmen. Jauhi narkoba, jauhi pungli dan gratifikasi, serta jauhi KKN. Ingat pesan dari bapak Menteri kita untuk tidak bermain kotor, jangan mengandalkan statement 'ekonomi keluarga' untuk melakukan pungli, bukankah negara memberi remunerasi yang tidak kecil?" tegas Kadiv Pas.

Menyangkut keamanan dan ketertiban lingkungan Lapas, Kadiv Pas berpesan untuk menjaga kedisiplinan petugas jaga dalam melaksanakan kontrol lingkungan blok dan kamar hunian, melakukan razia barang-barang terlarang, tetap 'waspada jangan-jangan' dalam bertugas, menjalankan deteksi gangguan kemanan dengan maksimal guna memberantas peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di Lapas/Rutan. "Tingkatkan sinergitas, tingkatan kerja sama dengan Aparat Penegak Hukum lain. Berhati-hatilah dalam bersosial media, meminimalisir penyebaran berita hoax dengan melakukan cross check keakuratan berita. Semoga Lapas Kelas III Surulangun dan Bapas Kelas II Muratara tetap aman, tertib dan terkendali," pesan Kepala Divisi Pemasyarakatan Alfi Zahrin kepada seluruh jajaran pemasyaraktan Lapas Surulangun dan Bapas Muratara. (Rilis/Editor: My/Willi/Humas Surulangun/Kasubag HRBTI, Hamsir)

1

1

1

 

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1


Cetak   E-mail