Kunjungan serta Audiensi Kakanwil Kemenkumham Sumsel ke Pemkab. Musi Rawas dan Pemkot Lubuklinggau

bp2
Palembang_Humas
-  Masih dalam rangka membangun sinergi dan kolaborasi di era kepemimpinan yang baru, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Ajub Suratman kembali melakukan audiensi, kali ini audiensi ke Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dan Pemerintah Kota Lubuklinggau. Pada hari Jumat (27/09)

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ajub Suratman yang didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan (Giri Purbadi), Kepala Lapas Klas II A Kota Lubuk Linggau (Imam Purwanto), Kepala Lapas Narkotika Kelas II A Muara Beliti (Suyatna), Kasubag Humas,RB,dan Teknologi Informasi (Hamsir), dan Kepala Sub Bidang Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan, Dan Rehabilitasi (I Wayan Tapa Diambara).

Pada kunjungan pertamanya, Kakanwil menyambangi Kantor Bupati Musi Rawas. Pada Kesempatan itu Kedatangan jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel disambut dengan hangat oleh Bupati Musi Rawas, Hendra Gunawan.  Bertempat di Kantor Bupati Musi Rawas, Hendra Gunawan menjelaskan bahwa kerja sama  dengan Kanwil Kemenkumham sumsel sudah berjalan sangat dengan baik. “Saya mengucapkan  selamat datang di Kabupaten Musi Rawas, dan selamat datang di Sumatera Selatan kepada Pak Ajub sebagai Kakanwil Kemenkumham Sumsel yang baru. Kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dengan Kemenkumham Sumsel selama ini sudah baik, Kemenkumham Sumsel sudah cukup banyak berperan dalam pembangunan masyarakat Kabupaten Musi Rawas, salah satunya adalah terpilihnya Musi Rawas sebagai Kabupaten/Kota dengan kategori Peduli HAM. Maka dari itu saya harapkan kedepannya hubungan yang harmonis ini akan terus berlanjut dan dipertajam lagi, karena pada dasarnya dengan niat yang sama untuk membangun Kabupaten Musi Rawas menjadi semakin baik.” Tutur Bupati Musi Rawas.

Lebih lanjut, Kakanwil Kemenkumham Sumsel (Ajub Suratman) berterima kasih karena sudah diterima kedatangannya beserta para pejabat yang mendampingi. Pada pertemuan tersebut Ajub menjelaskan tugas dan fungsi kemenkumham, terutama mengenalkan bahwa di Kanwil Kemenkumham Sumsel ini terdapat 4 Divisi yang  perannya masing masing diantaranya, Divisi Administrasi, Divisi Pemasyarakatan, Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, dan Divisi Keimigrasian.

“Kita memiliki 4 Divisi. Untuk divisi pemasyarakatan di Musi Rawas sudah terdapat Lapas Narkotika. Dan kita di pemasyarakatan memiliki tugas, pertama sebagai Polisi, yang kedua sebagai guru yang mendidik warga binaan, menasihati, dan menjadi contoh teladan bagi warga binaan, tiga sebagai dokter, maksudnya mengobati agar tidak sakit fisik dan psikisnya, empat sebagai Ustadz atau guru agama, para petugas selalu mengingatkan dan menyadarkan para warga binaan agar selalu beribadah dan ingat kepada Sang Pencipta. Untuk Divisi Keimigrasian,kita sudah membangun UKK (Unit Kerja Keimigrasian) yang mungkin dimasa depan menjadi cikal bakal kantor imigrasi. Di Divisi Yankum, Kita akan membentuk desa atau kelurahan sadarkum, dan juga nanti kita akan membuat sekolah sadarkum jadi  dengan adanya hal tersebut, anak anak di Kabupaten Musi Rawas menjadi anak anak yang sadar dan peduli dengan hukum.” Ungkap Kakanwil.

Dihari yang sama Ajub beserta rombongan melanjutkankan perjalanan Ke Kota Lubuk Lingau, kedatangannya di Kota ini guna menjalin Silaturahim dengan Walikota Lubuk Linggau (SN Prana Putra Sohe). Bertempat dirumah dinas Walikota Lubuk Linggau, Kedatangan Ajub disambut dengan oleh Walikota Kota Lubuk Linggau. Pertemuan kali ini agak santai, Kakanwil beserta rombongan diajak Ke Lapangan Tembak yang terdapat di rumah dinas itu. Pada pertemuan tersebut Kakanwil dan Walikota membahas hal-hal terkait kerjasama Kanwil Kemenkumham Sumsel dengan Kota Lubuk Linggau. Di dalam kegiatan tersebut, tak Lupa Walikota megajak Kakanwil untuk latihan menembak bersama. (Rilis/Foto/Editor : Krisna/Kasubag HRBTI, Hamsir).

---------------------------------------------------------------

Dokumentasi Kegiatan ke Kabupaten Musi Rawas

bp4

bp4

bp4

Dokumentasi Kegiatan Di Pemkot Lubuklinggau

wl2

wl2

 


Cetak   E-mail