Tutup Lomba Kadarkum 2019, Kadiv Yankumham Berharap Terciptanya Masyarakat Cerdas Hukum

a

Palembang_Humas. Memasuki hari ke-3 Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum), kompetisi kian memanas. Menjelang penutupan acara, terdapat 4 perwakilan Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan yang berhasil masuk ke babak puncak dan memperebutkan gelar juara. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Ajub Suratman yang diwakili oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Bambang Setyabudi berkesempatan langsung menutup gelaran acara ini, Rabu (25/9).

Setelah menjalani babak penyisihan yang panjang, terpilihlah Perwakilan Kadarkum dari Kota Palembang, Kabupaten Ogan Kemering Ulu (OKU), Kabupaten Muaraenim, dan Kabupaten OKU Timur. Mereka bersaing secara sengit di babak final dihadapan banyak juri yang berasal dari Biro Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Sumsel, Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumsel, Polda Sumsel, dan Divisi Pelayananan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Dalam sambutannya, Bambang mengucapkan banyak terima kasih dan selamat kepada siapa saja yang akan menjadi juara. “Semoga dengan diadakannya Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2019 ini dapat menjadi semangat kita bersama untuk meningkatkan kinerja dan prestasi dalam rangka tercapainya tujuan pembangunan hukum nasional, khususnya dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum demi terwujudnya budaya hukum masyarakat yang cerdas hukum,” ujar Bambang.

Lebih lanjut, Bambang beharap agar Kadarkum Kota Palembang bisa belajar lebih giat lagi karena akan mewakili Provinsi Sumatera Selatan dalam bersaing di tingkat nasional. “Semoga bisa membawa harum nama Sumatera Selatan dalam kompetisi Nasional. Tapi saya himbau juga, lomba Kadarkum ini bukan hanya sekedar lomba, namun bagaimana nantinya bisa diimplementasikan di masyarakat kita, sehingga bisa  mengubah perilaku masyarakat agar tidak terjerumus dalam hal yang membahayakan diri dan orang lain,” tutupnya.

Dengan mengucap lafadz Hamdalah, Bambang pun menutup serangkaian acara yang bertema ‘Melalui Lomba Kadarkum Kita Tingkatkan Pemahaman Hukum Masyarakat Demi Terwujudnya Kesadaran Hukum Masyarakat’ ini. Selain itu, Lomba Kadarkum merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum BPHN, diselenggarakan setiap 4 (empat) tahun sekali.

Di akhir acara, Yulizar yang merupakan dewan juri dan juga Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Sumsel membacakan Surat Keputusan Dewan Juri.  Dibacakan bahwa Juara Pertama diraih oleh Kadarkum Kota Palembang, Juara Kedua yaitu Kabupaten Ogan Kemering Ulu (OKU), Juara Ketiga adalah Kabupaten Muaraenim, dan Juara Harapan I diperoleh Kabupaten OKU Timur. Sementara Yel-Yel terbaik disabet oleh Kadarkum Kabupaten Musi Banyuasin.

Acara pun berakhir. Seluruh pemenang berfoto bersama dewan juri dan segala pihak yang turut menyukseskan gelaran lomba Kadarkum Tahun 2019 ini.  (Rilis/Foto/Editor: Willi/Kasubag Humas, Hamsir)

5

Juara I, Kadarkum Kota Palembang

5

Juara II, Kadarkum Kabupaten Ogan Kemering Ulu

5

Juara III, Kadarkum Kabupaten Muaraenim

5

Juara Harapan I, Kadarkum Kabupaten OKU Timur

5

Yel-yel Terbaik, Kadarkum Kabupaten Musi Banyuasin

 

2

2

2

2

 

2

 

2

2

2

2

2

2


Cetak   E-mail