Audiensi Koordinasi Silaturahmi Dalam Rangka Sinergitas Tata Nilai Kami PASTI

kejati 4 

Palembang_Humas. Dalam rangka membangun kembali sinergitas dan koordinasi di era kepemimpinan yang baru, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Ajub Suratman melakukan audiensi ke beberapa institusi penegak hukum wilayah Sumatera Selatan, Senin (9/9).

Tepat pukul 09.00 WIB, Kakanwil beserta jajarannya melesat meninggalkan kantor wilayah menuju tempat audiensi pertama: Pengadilan Tinggi Agama Palembang. Ditemani pimpinan tingginya, Ketua Pengadilan Tinggi Palembang, H. Endang Ali Ma’sum dan jajarannya menyambut baik kedatangan Kakanwil beserta tim.

Dalam audiensi ini, Ajub selaku Kakanwil Kemenkumham Sumsel  meminta kesediaan pihak Pengadilan Tinggi Agama Palembang untuk melakukan penyuluhan mengenai segala tindakan di mata hukum dan agama sekaligus memberikan informasi terkait pengadilan. “Kami meminta tim dari Pengadilan Tinggi Agama Palembang untuk melakukan penyuluhan agama ke lapas-lapas yang ada di Palembang, hal ini dilakukan agar para napi bisa tenang dengan mendapatkan materi tentang keagamaan,” bujuk Ajub.

Lebih kurang satu jam audiensi tersebut berlangsung. Audiensi ini ditutup dengan ucapan terima kasih secara langsung dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Endang Ali Ma’sum. “Kami sangat merasa tersanjung atas kedatangan Kakanwil beserta jajarannya di kantor kami. Mengenai permintaan langsung dari Kakanwil, kami akan menjadwalkan mengenai penyuluhan ke lapas, karena dengan begitu menjadi salah satu upaya kami dalam pembinaan di lembaga pemasyarakatan,” ujar Endang Ali.

Diungkapkan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Giri Purbadi tingkat residivis di lingkungan lembaga pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan mencapai 0,8%, dengan jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mencapai 14.000 lebih. Hal ini menjadi topik pembicaraan karena di Sumsel sendiri kapasitas lapasnya hanya 6000, jadi bisa dibayangkan berapa kali lipat lebihnya sehingga sangat over capacity.

Kakanwil pun kembali melanjutkan audiensinya. Kali ini kunjungannya lebih ramai, ditemani oleh Para Kepala Divisi, Pejabat Struktural Eselon III, dan Para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wilayah Palembang. Tujuan mereka adalah Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan yang dikepalai oleh Brigjen Pol. Drs. Jhon Turman P.

Kepala BNNP Sumsel dan jajaran menyambut dengan bahagia kedatangan Kakanwil Kemenkumham Sumsel. Diungkapkan Brigjen Pol Jhon Turman bahwa sinergitas Kemenkumham dan BNN harus senantiasa terjalin dalam rangka memberantas segala bentuk penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya. “Di Sumsel sendiri sebanyak 68% dari jumlah WBP yang ada merupakan WBP kasus narkotika. Tentu ini harus menjadi perhatian kita dan BNN,” ujar Ajub. “Kedepannya kami mengajak tim BNNP Sumsel untuk melakukan razia dan sweeping dalam rangka menjaring kembali penyalahgunaan narkotika di lingkungan lapas, baik oleh WBP ataupun pegawainya sendiri,” lanjut Ajub.

Kunjungan audiensi ketiga Kanwil Kemenkumham Sumsel pada hari itu adalah Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan yang terletak di jalan Gub H Bastari, 8 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang. Dr. Sugeng Purnomo selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Sumsel turut antusias menyambut kedatangan Kakanwil Kemenkumham Sumsel.

Pada pertemuan tersebut dibahas mengenai perlunya diadakan pertemuan rutin sebulan atau dua bulan sekali antar penegak hukum, mengenai koordinasi dan kerja sama dalam pelaksanaan pelayanan terhadap tahanan yang masih dalam proses peradilan, dan perlu juga menginventarisasi permasalahan yang terjadi di lingkungan lapas, rutan, dan rupbasan untuk dikoordinasikan dengan pihak Kejaksaan, 

Sebagai masukan dari Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang, Tri Anna bahwa dalam proses persidangan tahanan wanita dari Lapas Perempuan ke pengadilan dan kembali lagi ke lapas yang memakan waktu hingga sampai malam hari. “Kami menyarankan agar ada pengawalan dari pihak Kejaksaan khusus tahanan wanita oleh petugas wanita untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” saran Tri Anna.

Setelah istirahat siang, dimulai pukul 13.30 kegiatan dilanjutkan dengan melakukan audiensi terakhir di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional VII Sumatera Bagian Selatan yang dikepalai oleh Panca Hadi Suryanto. Audiensi dan sinergitas dimaksudkan sebagai bentuk silaturahmi sekaligus mendengarkan beberapa masukan dari institusi hukum terkait masalah penegakan hukum di Sumatera Selatan, juga mengenai isu-isu ekonomi dan keuangan yang berkaitan dengan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan. (Rilis/Foto/Editor: Willi/Rido/Kasubag Humas, Hamsir)

----------------------------

Dokumentasi audiensi dengan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang

pta 1

pta 1

pta 1

pta 1

 

Dokumentasi audiensi dengan Kepala Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan

WhatsApp Image 2019 09 09 at 16.27.27

WhatsApp Image 2019 09 09 at 16.27.27

WhatsApp Image 2019 09 09 at 16.27.27

 

 

 Dokumentasi audiensi dengan Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan

kejati 4

kejati 4

kejati 4

kejati 4

 

Dokumentasi audiensi dengan Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional VII Sumatera Bagian Selatan

OJK 6

OJK 6

OJK 6

OJK 6

OJK 6

OJK 6

 


Cetak   E-mail