Sudirman Meriahkan Pemecahan Rekor Tarian Kolosal "Indonesia Bekerja"

 IMG 20190815 WA0005

Palembang_Humas. Memperingati Hari Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia, jajaran Pemasyarakatan baik pusat maupun tingkat wilayah menyelenggarakan berbagai macam perlombaan ataupun kegiatan. Salah satu kegiatan yang bisa dibilang unik dan agak berbeda kali ini yaitu dengan menampilkan suatu kegiatan tarian yang melibatkan para seluruh petugas pemasyarakatan, narapidana, tahanan diseluruh Indonesia, beserta masyarakat (mitra kerja).

Diselenggarakannya kegiatan tari kolosal ini atas gagasan Direktur Jenderal Pemasyarakatan sebagai salah satu bentuk upaya optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Pemasyarakatan, khususnya dalam hal pembinaan kepribadian Warga Binaan Pemasyarakatan.

Kegiatan tari kolosal ini dilaksanakan disetiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang direlay melalui video conference dengan menggunakan aplikasi zoom dan dilakukan secara serentak dengan pusat kegiatan ditempatkan di Lapas Tanggerang yang berperan sebagai pemandu untuk kegiatan ditingkat wilayah.

Sebelum acara tari kolosal dimulai, acara diawali dengan sambutan oleh pimpinan tertinggi di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Sri Pugu Budi Utami. Ia berpesan pada kesempatan tersebut agar para petugas pemasyarakatan dalam bekerja selalu mengingat amanat dari Menkumham. "Ingatlah bahwa kita dalam bekerja itu harus meninggalkan legecy sesuai dengan apa yang selalu di amanatkan oleh Menkumham Yasonna H. Laoly, tutur Sri Utami.

Selain itu ia mengingatkan agar semua insan pemasyarakatan untuk mengisi kemerdekaan Indonesia dengan suatu karya. "Cermati dengan baik apa pesan para pendiri bangsa kita terdahulu. Kita diminta mengisi kemerdekan ini dengan menjadikan Indonesia Jaya, Indonesia Maju, dan SDM unggul," ujarnya dengan semangat yang berapi-api.

Pagi ini,  Kamis (15/8), bertempat di Lapas Perempuan Palembang dilaksanakan kegiatan yang sama. Para petugas pemasyarakatan Lapas Perempuan Palembang dan petugas Lembaga Pendidikan Khusus Anak Palembang, para narapidana serta tahanan dengan menggunakan pakaian yang bercorak meriah yang dilengkapi dengan pita diikat dikepala serba merah putih  tampak semangat dan ceria mengikuti gerak demi gerak tarian kolosal yang diberi tema tari kolosal 'Indonesia Bekerja Indonesia Jaya'.

Tampak hadir ditengah-tengah para petugas, narapidana dan tahanan yang sedang melakukan gerakan tari kolosal, juga ada Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Sudirman D. Hury, Kadiv Pemasyarakatan Giri Purbadi, Kadiv Administrasi, Indra Gunawan Begab dan Kalapas Perempuan Palembang yang dikenal sebagai Srikandi LPP, Tri Anna. Para petinggi tersebut berbaur bersama dengan para Narapidana dan tahanan, menari bersama dengan penuh semangat menambah suasana semakin meriah.

Dijelaskan oleh Sudirman kegiatan tari yang diberi tema Tari Kolosal Indonesia Bekerja merupakan salah satu bentuk ekspresi Warga Binaan Pemasyarakatan dan Petugas Pemasyarakatan, bahwa Warga Binaan Pemasyarakatan selama menjalani pidana yang hilang kemerdekaan namun harus tetap belajar, bekerja, dan berkarya di bawah bimbingan petugas Pemasyarakatan.

"Kegiatan Tari Kolosal Indonesia Bekerja dibuat secara kolosal yang dilaksanakan serentak oleh petugas Pemasyarakatan, tahanan, dan Warga Binaan Pemasyarakatan untuk memupuk rasa kesatuan dan persatuan", tutur Sudirman sesaat sebelum acara tari kolosal dimulai.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia sekaligus mencetak rekor Museum Rekor Indonesia (MURI)," tambah Pimpinan tertinggi Kanwil Kemenkumham Sumsel tersebut.

Selain itu, tambahnya, kegiatan semacam ini merupakan bagian dari Pembinaan kepribadian untuk memupuk rasa kesatuan dan persatuan.  Dengan berpartisipasi dalam memeriahkan Ulang Tahun Republik Indonesia sebagai upaya meningkatkan rasa nasionalisme Petugas Pemasyarakatan, Tahanan dan Warga Binaan Pemasyarakatan. "Dan pagi ini kita berkumpul disini, sebagai salah satu bentuk pembinaan kepribadian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan dalam bidang kesenian dan kebudayaan," ungkapnya.

Lagu yang mengiringi Tarian ini merupakan karya Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Ibu Dr. Sri Puguh Budi Utami yang sebelumnya tutorial tarian dan lagu Indonesia bekerja telah di share dan dapat diakses melalui situs Youtube. (Rilis, Foto, Editor : Hasan/Rido/Wili, Kabag Pelaporan dan Humas, Gunawan)

IMG 20190815 WA0000

IMG 20190815 WA0000

IMG 20190815 WA0000

IMG 20190815 WA0000

IMG 20190815 WA0000

IMG 20190815 WA0000

IMG 20190815 WA0000

IMG 20190815 WA0000

IMG 20190815 WA0000

IMG 20190815 WA0000


Cetak   E-mail