Kakanwil Kemenkumham Sumsel Memberikan Motivasi Kepada Imigrasi Palembang Dalam Mewujudkan E-GOV PASTI SMILE

BL1

BL2

Belitung_News, Sabtu (31/03) masih dalam rangka kegiatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Palembang dengan mengusung tema "Melalui Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, kita wujudkan Imigrasi E-Gov pasti SMILE". Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan (DR. H. Sudirman D. Hury., SH., MM., M.Sc) bersama rombongan Pejabat struktural dalam lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel dan pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Palembang sangat bersemangat mengikuti kegiatan pada hari kedua yang dimulai pukul 09.00 WIB. 

BL3

BL4

Sudirman D. Hury selaku Kepala Kantor Wilayah menghimbau kepada peserta untuk memaknai kegiatan demi kegiatan, bukan hanya sekedar refershing saja tetapi ada manfaat yang dapat diambil supaya kita mempunyai semangat yang baru saat kita kembali melaksanakan tugas dan pekerjaan. Disamping itu juga kegiatan ini sebagai salah satu bentuk untuk menjalin silaturahmi antar pegawai, ungkapnya.

"Fun Games antar pegawai" maknanya adalah untuk melatih kekompakan dan kerjasama antar satu dengan yang lain dalam berdinamika kelompok serta memberikan keakraban antar sesama pegawai, meningkatkan relaksasi dan mereset tubuh dari stress akibat kegiatan sehari-hari, melatih kecepatan dalam pengambilan keputusan, memupuk rasa kepemimpinan dan kebersamaan”, ujar Kakanwil saat memberikan sambutan sebelum rangkaian kegiatan di hari kedua dimulai.

 Lebih lanjut Kakanwil Kemenkumham Sumsel menambahkan, "Saya yakin bahwa kita semua paham dan dapat mengambil manfaat serta makna dari fun games yang akan kita lakukan pada hari ini, walaupun terlihat sederhana fun games tersebut namun tetap kekompakkan di dalam tim lah yang sangat penting untuk diperhatikan sehingga output yang kita peroleh nantinya tidak akan menjadi suatu hal yang sia-sia", tegas Sudirman D. Hury

Kegiatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Palembang ini juga bertujuan membangun individu dan mempererat persaudaraan sehingga jika ada permasalahan bisa diselesaikan dengan komunikasi serta dapat memberikan semangat baru khususnya kepada pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, serta berbagai hal positif yang didapat selama kegiatan ini dapat di implementasikan di Kantor. Selain fun games para peserta juga diberikan kesempatan untuk mengunjungi beberapa pulau atau objek wisata di Kota Belitung, antara lain pulau burung, pulau pasir, pulau lengkuas, pulau kepayang, pulau batu berlayar dan pulau garuda.

Kegiatan pada hari kedua ditutup dengan gala dinner namun sebelumnya Kakanwil juga memberikan pengarahan kepada seluruh peserta dan dilanjutkan dengan pemberian motivasi yang secara langsung disampaikan oleh motivator Bapak Arif Dahsyat. Dalam arahannya Kakanwil Kemenkumham Sumsel menjelaskan, “ E-Gov pasti nyata, imigrasi PASTI SMILE harus dimaknai terlebih dahulu dan makna ini akan relevan dengan kegiatan yang telah kita laksanakan selama beberapa hari ini. Kegiatan peningkatan kualitas SDM pegawai Kanim Palembang di Belitung ini tidak hanya sebagai bentuk kegiatan wisata,  tetapi lebih jauh dari itu dan jelas memiliki tujuan yang akan dicapai yang merupakan output dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Kata  PASTI yang dirangkaian dengan SMILE, merupakan rangkaian kalimat yang mempunyai makna luar biasa, jika tidak dimaknai dengan benar maka kegiatan yang dilaksanakan selama beberapa hari di pulau Belitung akan merupakan suatu kesia-siaan”, tegas Sudirman D. Hury.

Lebih lanjut Kakanwil Kemenkumham Sumsel juga menegaskan,”Bagaimana kita bisa menjawab kalimat PASTI SMILE yang relevan dengan pelaksanaan kegiatan ini. Bagaimana kita bisa meningkatkan profesional  pegawai jika kita tidak menjiwai apa yang menjadi tugas kita sebagai Aparatur Sipil Negara di Kantor Imigrasi, dengan berbagai tantangan yang luar biasa, Imigrasi adalah hal ikhwal  sebagai gerbang keluar masuknya orang ke wilayah Indonesia, dengan disertai tugas pengawasan yang tidak bisa terlepas demi menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka relevansi dari kalimat PASTI SMILE sebagai salah satu metode bagaimana untuk meningkatan kemampuan dan keterampilan, bagaimana untuk bisa bersikap dan bertingkah laku sebagai Aparatur Sipil Negara yang handal, maka pada kegiatan ini dihadirkanlah motivator yang siap memberikan support bukan sebagai seorang instruktur, namun sebagai seorang motivator, bagaimana dapat mewujudkan “Imigrasi E-Gov PASTI SMILE”. Kegiatan ini merupakan salah satu metode penyegaran atau refreshing pegawai, sehingga kedepannya dalam melaksanakan tugas akan dapat lebih professional dan diharapkan juga dapat menumbuhkan suatu semangat baru dalam mewujudkan kalimat PASTI SMILE, sebagai suatu konsep yang tidak keluar begitu saja, namun sebagai tata nilai yang luar biasa, maka komitmen anda lah dalam mewujudkan dua rangkaian kata tersebut menjadi satu kalimat yang bermakna PASTI SMILE,  tapi ketika anda semua tidak mempunyai komitmen untuk mewujudkan ini semua, ini adalah suatu kesia-siaan”, tegas Sudirman D. Hury.

Setelah Kakanwil Kemenkumham Sumsel (DR. H. Sudirman D. Hury, SH., MM., M.Sc) memberikan arahannya dilanjutkan dengan pemberian motivasi oleh Bapak Arif Dahsyat, ada 3 (tiga) hal penting yang disampaikan oleh motivator kepada para peserta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, diantaranya adalah :

  1. Jangan tinggalkan lapangan sebelum anda memberikan usaha dan hasil terbaik,
  2. Jangan pernah merendahkan dan meremehkan diri anda sendiri, berkomitmenlah untuk menjadi yang lebih baik dari hari kemarin,
  3. Sertakan Tuhan dalam setiap usaha yang kita kerjakan (selalu berdoa kepada Tuhan).

Namun sebelum memahami makna dari ketiga hal yang disampaikan oleh Bapak Arif Dahsyat tersebut, beliau juga menegaskan, “hal pertama yang harus anda lakukan agar anda berubah adalah merubah KEYAKINAN anda terlebih dahulu, jelas bahwa segala sesuatu yang akan anda kerjakan atau anda pilih memerlukan suatu keyakinan untuk mengerjakannya atau memilihnya, tanpa keyakinan anda tidak akan pernah mengerjakan atau memilihnya”, ujar Arif Dashyat.

 BL5BL5BL5BL5BL5BL5BL5BL5BL5BL5BL5BL5

(Red/Foto. Yoshar Jr)


Cetak   E-mail