Kakanwil Kumham Sumsel Buka Kegiatan Rekonsiliasi data laporan keuangan dan pemutakhiran data BMN semester II TA 2017

R1

Palembang_News, Untuk mewujudkan laporan keuangan Wajar Tanpa  Pengecualian (WTP), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan (Kumham Sumsel) Sudirman D Hury membuka secara resmi kegiatan Rekonsiliasi data laporan keuangan dan pemutakhiran data BMN semester II TA 2017 pada Kanwil Kumham Sumsel, bertempat di Aula Bapelkes Palembang, Senin (15/1/2018).

" Manfaatkan kesempatan ini supaya penyusunan laporan keuangan lebih baik lagi sehingga mampu menyajikan laporan keuangan yang berkualitas, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan (akuntable)”, tekan Kakanwil kepada para peserta.

Sementara itu, Sudirman mengatakan bahwa sudah ada kebijakan dimulai pada tahun 2015, pada akuntansi dikenal dua metode pencatatan akuntansi yaitu secara  accrual basis dan cash basis. Metode accrual basis pendapatan dicatat pada saat terjadi pengeluaran, meskipun kas belum diterima sedangkan cash basis yaitu proses pencatatan transaksi akuntansi dimana transaksi dicatat pada saat menerima kas atau pada saat mengeluarkan kas. Secara agregat atau keseluruhan, jumlah pencatatan akuntansi baik dengan metode cash basis maupun accrual basis akan menghasilkan angka yang sama, perbedaan keduanya hanya pada waktu pencatatan transaksi, oleh karenanya “Para operator harus pahami agar dapat menyusun laporan keuangan dengan baik”, ucapnya.

“Saya berharap kepada peserta, gunakan, jangan sia-siakan kesempatan ini, tanyakan kepada pendamping dan tim pengajar apabila ada sesuatu yang menjadi kendala sehingga penyusunan laporan keuangan dapat lebih maksimal sesuai dengan yang diharapkan”, pungkas Kakanwil.

Tidah hanya itu, tujuan kegiatan ini menjamin kebenaran dan kesesuaian data realisasi anggaran, neraca keuangan dengan neraca BMN serta mempercepat kesiapan dan akurasi data dalam rangka penyusunan dan penyampaian laparan keuangan Kanwil Kumham Sumsel. Peserta berjumlah 68 operator SIMAK-BMN dan SAIBA dari Kantor Wilayah dan Satker di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 15 s/d  17 Januari 2018. Tenaga pengajar dan pendamping dari Inspektur Jenderal dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kumham RI

Usai itu dilanjutkan, Kakanwil memberikan piagam penghargaan bagi satuan kerja berpotensi dalam kinerja pengelolaan dan keuangan dan kinerja pengelolaan BMN, terbaik pertama di raih oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas III Palembang, Lapas Kelas III Banyuasin raih terbaik kedua, dan  Lapas Kelas III Kayu Agung mendapat terbaik ketiga.

Turut hadir pada acara pembukaan kegiatan tersebut Kepala Divisi Administrasi Edilauder, Plt Kepala Divisi Pemasyarakatan Syafar Pudji Rochmadi, Kepala Divisi Keimigrasi Kemas Hamzah Zain, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sukamta, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi dalam Kota Palembang serta pejabat struktural di lingkungan Kumham Sumsel. (Rilis/Foto/Editor : Nelly/Dina-Selamat/Asnedi Kasubag Humas)

R2R2R2


Cetak   E-mail