Deteksi Dini, Kalapas Perempuan Palembang Kontrol Blok Hunian Jelang Bulan Suci Ramadhan

IMG 20240311 WA0040

Palembang, INFO_PAS - Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang Kanwil Kemenkumham Sumsel terus meningkatkan kewaspadaan serta pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban yang ada di area Blok Hunian dan Brandgang pada Lapas. Dalam kegiatan kontrol dilakukan oleh Kalapas dan pejabat struktural lainnya serta ditemani dengan regu pengamanan agar melakukan deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban menjelang bulan suci ramadhan. (11/03) 

Selain melakukan kontrol keliling blok dan brandgang, Kalapas serta pejabat struktural lainnya juga melaksanakan pengecekan kebersihan lingkungan area blok serta brandgang dan kamar hunian secara rutin, mengecek dan memastikan kondisi sarana dan prasarana kamar hunian, gembok dan lainnya dalam keadaan baik. Kemudian hal lainnya melaksanakan kegiatan monitoring dan pengawasan terhadap sel khusus bagi narapidana yang melakukan pelanggaran, hal ini untuk memastikan keamanan dan keselamatan narapidana.

Kalapas Perempuan Palembang, Ike rahmawati mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di lapas menjelang bulan suci ramdhan. Hal ini juga merupakan arahan Dirjen Pemasyarakatan, bahwa salah satu kunci pemasyarakatan adalah deteksi dini.

"Diharapkan Lapas Perempuan Palembang selalu dalam aman dan kondusif, terutama pada saat Menjelang bulan Ramadhan 1445 H dari hal-hal yang menyebabkan gangguan kamtib. Kontrol titik-titik area rawan di dalam Lapas itu sangat penting dan harus dilakukan secara rutin agar terciptanya Lapas yang aman dan kondusif, ingat motto kita waspada jangan-jangan", ungkap Ike.