Isi Rangkaian HBP Ke-59, Bapas Lahat Gelar Tabur Bunga di TMP Puspa Bhakti

WhatsApp Image 2023 04 06 at 11.15.34

DALAM rangka peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59, Balai Pemasyarakatan Kelas II Lahat bersama Lapas Kelas IIA Lahat Kanwil Kemenkumham Sumsel, melaksanakan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Puspa Bhakti Lahat, Kamis (06/04/2023).

Diawali dengan upacara yang dipimpin Kalapas Lahat, Imam Purwanto selaku inspektur upacara, kegiatan tabur bunga berlangsung khidmat. Didampingi Kabapas Kelas II Lahat Perimansyah, upacara yang dipimpin Komandan Upacara, Rinaldi Ahmad, dihadiri Pejabat Struktural, Staf Pegawai dan Paguyuban Ibu-ibu Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Lahat dan Bapas Kelas II Lahat, yang diketuai Ibu Lisna Herti Perimansyah.

Upacara Tabur Bunga kali ini diawali dengan penghormatan kepada para pahlawan, mengheningkan cipta kemudian peletakan karangan bunga pada tugu makam pahlawan yang dipimpin oleh inspektur upacara. Kesemuanya tampak khidmat mengikuti jalannya upacara, terutama saat mendengarkan bait-bait doa yang dipanjatkan, berharap dan memohon agar seluruh pegawai Bapas Lahat dan Lapas Lahat dapat lebih semangat dalam menjalankan tugas sebagai bentuk penghargaan dari semangat juang para pahlawan.

Kabapas Lahat, Perimansyah menyampaikan bahwa dengan upacara tabur bunga ini sebagai momentum mengingat kembali jasa-jasa pahlawan yang telah gugur berjuang di medan perang dalam mempertahankan kemerdekaan. Banyak nilai moral yang dapat diambil dari pelaksanaan kegiatan ini. Nilai perjuangan para pahlawan dapat diteladani untuk menjalani kehidupan sehari-hari misalnya nilai patriotisme, kerja keras dan tanpa pamrih.
"Saya harap petugas pemasyarakatan itu hendaknya selalu meningkat kinerja dengan meneladani sikap-sikap terpuji pahlawan guna mewujudkan Resolusi Kemenkumham Tahun 2023 yang semakin PASTI dan BERAKHLAK," jelasnya.

Kegiatan Upacara Tabur Bunga ini pun dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. (*)