Kakanwil Kumham Sumsel Gelar Rapat Persiapan Menyambut Kunker Komisi III DPR RI

WhatsApp Image 2018 07 11 at 12.37.45

Palembang_News, Selain masalah over kapasitas yang dihadapi, masalah narkoba menjadi sorotan masyarakat apalagi ada opini menyatakan bahwa penyelundupan atau peredaran narkoba yang terjadi dikendalikan dari dalam lapas/rutan. Inilah jadi topik pembahasan dalam rapat persiapan menyambut kunjungan kerja spesifik dari Komisi III DPR RI. Rapat ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Sudirman D Hury, Rabu (11/7/2018), tempat ruang teleconference lantai 3 Kantor Wilayah.

Kepala Kantor Wilayah mengatakan ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan beredarnya narkoba di dalam lapas, salah satunya dikarenakan masih ada alat komunikasi berupa handphone yang digunakan oleh narapidana dan tidak ada lapas/rutan se sumsel mempunyai alat penghilang signal atau jammer. Secara teknis terus diupayakan, namun Sudirman mengharapkan supaya adanya komitmen moral petugas pemasyarakatan untuk mengatasi hal tersebut.

 
Dia meminta agar Divisi Pemasyarakatan untuk menyusun dan mempersiapkan data kunjungan kerja ini, tekait hal-hal mengenai tindak lanjut dan upaya strategi dalam mengatasi over capacity lapas dan pola pembinaan terhadap narapidana teroris, sehingga tidak memberikan ajaran radikalisme terhadap sesama narapidana lainnya, tuturnya.
 
Pada kesempatan ini, Kepala Divisi Pemasyarakatan Giri Purbadi menyampaikan akan terus berupaya melakukan penanganan masalah yang terjadi di lapas/rutan seperti melakukan pemetaan terhadap lapas yang over kapasitas, terus meningkatkan kerja sama dengan aparat hukum seperti kepolisian, BNN dan BNPT. Karena belum ada lapas maximum security di Sumatera Selatan, ia berharap agar ada blok atau kamar yang disiapkan untuk kasus narkoba dan teroris.
 
Data yang dipersiapkan itu, untuk dipaparkan Kakanwil Kumham Sumsel dihadapakan Komisi III DPRI bersama dengan Kapolda, Kepala BNN dan Kejati Sumsel yang dijadwalkan esok hari di Mapolda Sumsel. (Rilis/Foto/Editor : Nelly/Dina/Asnedi Kasubag Humas)
 

WhatsApp Image 2018 07 11 at 12.37.44

 

WhatsApp Image 2018 07 11 at 12.37.46

WhatsApp Image 2018 07 11 at 12.37.46 1

WhatsApp Image 2018 07 11 at 12.37.47


Cetak   E-mail