FKI Sumsel Sumsel Sukses Gelar Latihan Perdana di Lapas Perempuan Palembang

 WhatsApp Image 2023 05 26 at 16.26.26

"Petugas Lapas Perempuan Palembang Dilatih Bela Diri Kempo"

 

Palembang - Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Perempuan Kelas IIA Palembang Kanwil Kemenkumham Sumsel sukses menggelar latihan perdana Kempo yang bekerjasama dengan Federasi Kempo Indonesia Sumatera Selatan, Jumat (26/5). 

 

Bertempat di Lapangan Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang, latihan perdana ini diikuti sebanyak 55 orang, terdiri dari pegawai dan anak-anak pegawai Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang.

 

“Hari ini kami menyelenggarakan pembukaan latihan perdana bela diri Kempo, dengan materi gerakan-gerakan dasar Kempo, dan dilatih langsung oleh Bapak Agus Salim”, ungkap Kalapas Ike Rahmawati usai membuka kegiatan.

 

Ike menjelaskan pihaknya akan menyelenggarakan latihan kempo ini sebanyak satu kali dalam seminggu, atau dalam sebulan terdapat empat kali latihan, dimana latihan tersebut akan digelar setiap hari Jumat.

 

“Hari Jumat merupakan waktu yang pas karena bersamaan dengan kegiatan Kumham Sehat Kumham Produktif, yakni berolahraga bersama”, kata Ike.

 

Sementara itu, Ketua Federasi Kempo Indonesia Wilayah Sumatera Selatan, Ilham Djaya yang juga Kakanwil Kemenkumham Sumsel secara terpisah mengungkapkan bahwa Latihan bela diri banyak memiliki manfaat, salah satunya dapat memenuhi kebutuhan aktivitas fisik dan meningkatkan stamina. 

 

Menurutnya, hal ini sangat penting bagi para petugas Pemasyarakatan khususnya di Lapas. “Kita ketahui aktivitas para petugas di Lapas sangat berat siang hingga malam berjaga, membina, dan membimbing para Warga Binaan, mereka memerlukan fisik yang prima untuk menunjang beban tugas di Lapas itu”, ungkap Pria yang telah menjabat Kakanwil sebanyak lima kali itu. 

 

Lanjut Ilham, bela diri Kempo sangat sesuai diterapkan bagi petugas Pemasyatakatan, sebagaimana filosofi Shorinji Kempo, “Kekuatan Tanpa Kasih Sayang Adalah Kezaliman, Kasih Sayang Tanpa Kekuatan Adalah Kelemahan ”.

 

Selain itu, dengan gerakan-gerakan seperti olahraga dampak kesehatan banyak sekali seperti membakar kalori, menyehatkan jantung, serta memperkuat kekuatan otot dan tulang. Jika dilakukan secara rutin dan tepat, olahraga bela diri akan membuat para petugas lebih bugar dan sehat.

 

Menurut Ilham, dalam kurikulum kempo yang berjenjang dari pemula sampai ahli, secara keilmuan olahraga sangat bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya dan akan bisa dirasakan hasilnya ketika mengikuti program latihan dengan baik. 

 

“Syaratnya adalah dengan mengikuti latihan dengan tekun dan bersungguh-sungguh, dan mematuhi pimpinan, serta mencontoh para senior, sesuai dengan isi “Janji” dan “Ikrar” dalam kempo”, kata Ketua Federasi Kempo Indonesia Sumsel itu.

 

Diketahui kepengurusan Federasi Kempo Indonesia (FKI) Wilayah Sumatera Selatan periode 2023-2027 diresmikan pada 15 Maret 2023 lalu, dimana Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya secara aklamasi terpilih sebagai Ketua FKI wilayah Sumatera Selatan.

 

Selain di Lapas Perempuan Palembang, FKI Sumsel akan menggelar pusat latihan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Palembang, dan juga Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang.

WhatsApp Image 2023 05 26 at 16.26.24WhatsApp Image 2023 05 26 at 16.26.24WhatsApp Image 2023 05 26 at 16.26.24


Cetak   E-mail