Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel bersama Direktur Merek dan Indikasi Geografis Ditjen KI serahkan Sertifikat KI Komunal di Malam Anugerah Pesona Indonesia 2021

20211130 214620

 

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan, Indro Purwoko hadir dalam acara malam puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2021 yang diselenggarakan di Gedung stable Sekayu Musi Banyuasin, Selasa (30/11). Acara yang digelar oleh panitia penyelenggara ayo jalan-jalan bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin tersebut dengan agenda utama menyerahkan penghargaan berupa sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal dan piala penghargaan kepada Kepala daerah (Gubernur, Walikota dan Bupati). 

 

Dalam kesempatan tersebut, Menkumham,  Yassona H. Laoly yang diwakili oleh Direktur Merek dan Indikasi Geografis, Nofli yang di dampingi oleh Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Indro Purwoko memberikan penghargaan sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal secara simbolis kepada perwakilan Kabupaten kota yaitu Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Aceh Singkil, dan Kabupaten Fak-fak. 

 

Indro Purwoko dalam keterangannya mengungkapkan bahwa Pemberian sertifikat KI di malam puncak API Award 2021 ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan kesempatan kepada daerah pariwisata seluruh Indonesia untuk maju dan berkembang melalui kepastian Hukum Kekayaan Komunal, Geografis dan Intelektual. "Dengan digelar nya acara API ini tentunya mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing," tutur Indro Purwoko. 

20211130 214904

API Award merupakan ajang penganugerahan yang diberikan kepada kabupaten/kota sebagai salah satu wujud apresiasi terhadap dunia pariwisata dan ekonomi kreatif telah berlangsung memasuki tahun ke-6 sampai saat ini. Ada 18 kategori yang diaugerahkan disetiap nominasi. 

 Hadir secara virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Nominasi Anugerah Pesona Indonesia tahun 2021, berdasarkan kategori yang digelar yaitu: Makanan Tradisional, Minuman Tradisional, Promosi Pariwisata digital, Brand Pariwisata, Destinasi Belanja, Souvenir/Cinderamata, Olahraga dan Petualangan, Wisata Air, Ekowisata, Dataran tinggi, Kampung Adat, Situs Sejarah, Atraksi Budaya, Festival Pariwisata, Destinasi kreatif, Destinasi Unik, Destinasi Baru, Surga Tersembunyi. 

 

Sebelumnya pada Juni 2021 dilakukan Pengumuman (launching) seluruh Nominasi yang masuk dalam 18 Kategori Anugerah Pesona Indonesia Tahun 2021. Dilanjutkan dengan Campaign n Voting periode yang dimulai juli-oktober 2021. Periode ini dilakukan promosi dan pemilihan, serta kampanye pariwisata Indonesia keseluruh channel media promosi yang dimiliki. Voting dapat dilakukan melalui media SMS, Instagram, dan YouTube. Dan akhirnya pada malam ini di selenggarakan malam Puncak Anugerah Pesona Indonesia tahun 2021 di Kabupaten Musi Banyuasin. 

 

Turut hadir dalam acara tersebut, Kadiv Yankumham Kanwi Kemenkumham Sumsel, Siar Hasiloan Tamba dan beberapa pejabat Administrator dan Pengawas di Jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel. (Humas Kanwil Sumsel)

20211130 215156

 

20211130 215510

 

20211130 215643

 

 


Cetak   E-mail