Tingkatkan Peran Humas, Kakanwil Dorong Penyajian Informasi yang Cepat, Aktual, dan interaktif

d

 Humas, Palembang - Dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi humas (hubungan masyarakat) di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Indro Purwoko yang didampingi Kepala Divisi Administrasi Rifqi Adrian Kriwanto, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Siar Hasoloan Tamba, dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan Covid-19 secara ketat, memberikan pengarahan kepada seluruh jajaran Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi Kantor Wilayah, Jumat (16/7).

Dalam arahannya tersebut, Kakanwil menyampaikan bahwa suksesnya publikasi kepada masyarakat tidak lepas dari peran humas. Humas atau yang lebih dikenal dengan PR (Public Relation) mempunyai peran sangat besar sebagai ujung tombak organisasi dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat luas.

Di era digitalisasi saat ini, Kakanwil mengutarakan, terdapat fenomena bahwa masyarakat bahkan pimpinan pusat menginginkan informasi yang cepat dan mudah. Oleh karena itu, penyajian informasi harus berjalan cepat, aktual bersifat global dan interaktif. Di sinilah peran humas sangat diperlukan.

“Masyarakat pasti tidak akan tahu bahwa Warga Binaan Pemasyarakatan yang ada di Lapas/Rutan juga akan mendapat Vaksin apabila tidak dipublikasikan oleh Humas,” ujarnya

Humas menjadi corong terdepan dalam mempertahankan reputasi, citra dan komunikasi yang baik dan bermanfaat kepada masyarakat. Humas dituntut untuk kreatif, inovatif dalam membuat dan mengemas konten positif. “Kendati Work From Home (WFH), peran kehumasan di tengah pandemi Covid-19 harus tetap aktif dan produktif membuat konten informasi publik. Kegiatan-kegiatan pimpinan maupun hal yang menyangkut dengan peran Kantor Wilayah harus kita narasikan dan deksripsikan dengan baik sehingga informasi yang ingin disampaikan masuk ke relung hati masyarakat”, ungkapnya.

Selain dikemas dengan menarik, Kakanwil menambahkan, publikasi kegiatan juga tetap memperhatikan subtansinya, kemudian penulisan judul berita yang kreatif dan berbeda. “Secara naluriah, orang membaca berita, pertama kali akan membaca judulnya terlebih dulu. Jika merasa judulnya penting, menarik atau menggelitik, maka ia akan berlanjut membaca lead beritanya. Jika lead berita menarik, maka pembaca akan lanjut membaca keseluruhan teks berita, Oleh karena itu, judul menjadi kunci pertama untuk attract attention  para pembaca” lanjutnya.

Kakanwil berpesan Humas bertanggung jawab membangun citra positif Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel secara keseluruhan. Kegiatan terkait pengelolaan media sosial, konten kreatif, dan diseminasi informasi melalui media non-konvensional lainnya menjadi bagian tak terpisahkan dari Humas. (Humas Kumham Sumsel).

WhatsApp Image 2021 07 16 at 11.40.50 4
WhatsApp Image 2021 07 16 at 11.40.50 4

WhatsApp Image 2021 07 16 at 11.40.50 4

WhatsApp Image 2021 07 16 at 11.40.50 4

Cetak