Hari Raya Idulfitri, Kakanwil Monitoring Layanan Kunjungan Online dan Penitipan Barang di Lapas/Rutan

a

HUMAS, Palembang – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan Indro Purwoko didampingi Kepala Divisi Administrasi (Rifqi Adrian Kriswanto) dan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Dadi Mulyadi) melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka monitoring pelayanan di hari raya Idulfitri tahun 2021, Jumat (14/5). Adapun Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang dimonitoring antara lain Rumah Tahanan Negara Kelas I Palembang, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Palembang dan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Palembang.

Kunjungan Kakanwil dan rombongan disambut hangat oleh Kepala Rutan Kelas I Palembang, Mardan. Mengawali kedatangannya, kakanwil melakukan keliling blok hunian dan mengunjungi tiap-tiap pos pelayanan Kunjungan Online yang meliputi layanan video call dan telepon, serta layanan Penitipan Barang yang tetap dibuka demi memenuhi hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk bertatap muka dengan keluarganya walau di masa pandemi Covid -19.

Disampaikan Kakanwil bahwa fasilitas pelayanan maupun pengurusan hak-hak WBP sudah baik dan harus ditingkatkan lagi. Hal tersebut dibuktikan dengan keterlibatan langsung kepala satker dalam proses pelayanan, mulai dari screening terhadap penitipan barang ataupun makanan dari keluarga WBP kepada WBP serta alur dari mulai barang/makanan diperiksa oleh Petugas sampai dengan barang/makanan tersebut diterima oleh WBP.

rutan 2

Selanjutnya, Kakanwil pun bertolak ke LPKA Klas I Palembang, di bawah pimpinan Tri Wahyudi. “Pelaksanaan pelayanan terhadap Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) adalah pelayanan titipan makanan dan layanan kunjungan melalui video call/telepon yang sarananya disediakan oleh LPKA dan tidak dipungut biaya sedikitpun,” ujar Tri.

Sebelum melakukan Video Call, ABH ataupun WBP harus mendaftarkan diri kepada pegawai yang bertugas pada saat itu. Kemudian mereka ditempatkan pada posisi antrean, menunggu untuk dipanggil oleh Pegawai secara bergiliran melakukan percakapan dengan keluarganya. Dalam kunjungan itu, Kakanwil Indro Purwoko juga berdialog dengan ABH di ruang kunjungan Layanan Kunjungan Online. “Selamat Idulfitri mohon maaf lahir dan batin. Semoga layanan video call ini bisa mengobati rasa rindu anak-anak semua, meski hanya bertemu secara virtual,” sapa Kakanwil.

Pelayanan serupa juga dilaksanakan di Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang. Beberapa point penting yang menjadi bahan monev terdiri dari monitoring Pasca sholat Idulfitri, Pemberian Remisi, Layanan Video Call, Barang Titipan, Upaya Pencegahan Covid-19 serta Koordinasi dengan Instansi terkait serta Bahan Makanan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan. “Di LPP ini layanan penitipan barang dibagi jadwalnya pagi dan sore masing-masing 100 orang. Sementara layanan video call terdiri dari 4 tablet dan 15 telepon kabel,” jelas Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang, Rini Budiati.

Menutup kegiatan monitoringnya, Kakanwil menyampaikan apresiasinya. “Dari seluruh UPT Pemasyarakatan yang saya kunjungi hari ini, semuanya saya apresiasi pelayanannya. Meski Libur Hari Raya, jajaran petugas pemasyarakatan tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Inilah komitmen dan pengabdian kita, semoga terus dipertahankan dan ditingkatkan,” tutupnya. (Humas Kanwil Sumsel)

Dokumentasi di LPKA Klas I Palembang

lpka 1

lpka 1

lpka 1

lpka 1

lpka 1

 

Dokumentasi di Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang

lpka 1

lpka 1

lpka 1

lpka 1

Dokumentasi di Rutan Kelas I Palembang

lpka 1

lpka 1

lpka 1

lpka 1

lpka 1


Cetak   E-mail