Bahas Tuntas Soal Remisi, Kadivpas Lakukan Talk Show dengan Media

WhatsApp Image 2021 05 10 at 11.20.07 AM

HUMAS, Palembang - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan (Dadi Mulyadi) memenuhi undangan PALTV untuk melaksanakan talk show bertempat di Pan Head Cafe and Resto, Senin (10/5).

Dalam talk show bertajuk Halo Palembang itu, Kadivpas menjelaskan terkait pemberian remisi khusus Idul Fitri 1442 H. Remisi merupakan pengurangan masa menjalani pidana yang diberikan kepada Narapidana dan Anak Yang Berkonflik dengan Hukum (Anak) yang memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan. Pemberian remisi ini sesuai dengan Keputusan Presiden No. 174 Tahun 1999 tentang Remisi. Remisi diberikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang sudah menjalani masa pidana minimal 6 bulan dan selama menjalani masa pidana berkelakuan baik.

Pada Idul Fitri Tahun ini, Kemenkumham Sumsel mengusulkan pemberian remisi kepada 8471 WBP Lapas dan Rutan di seluruh Sumsel. Remisi yang diberikan berupa pengurangan masa tahanan dari 15 hari hingga 1,5 bulan. Dari keseluruhan WBP yang menerima remisi, 26 orang diantaranya mendapatkan remisi bebas. Ke-26 orang ini merupakan tahanan kasus pidana umum dan narkoba.

WhatsApp Image 2021 05 10 at 11.20.07 AM

Pada kesempatan yang sama Kadivpas juga menyampaikan terobosan-terobosan yang sudah dilakukan oleh Lapas dan Rutan yang ada di Sumsel, seperti perkebunan Pepaya California dan Garmen di Lapas Kelas IIB Muara Enim, serta Tempat Pencucian Mobil di Lapas Kelas IIB Kayu Agung. “Terobosan ini merupakan upaya pembinaan kepada WBP yang ada di Sumsel. Walaupun mereka sedang menjalani masa pidana, tapi mereka tetap dapat berkarya dan menerima upah sesuai dengan standar yang ditentukan,” ungkap Kadivpas.

Sebagai penutup Kadivpas menyampaikan agar masyarakat tetap bersama-sama menjaga protokol kesehatan serta memanfaatkan sarana yang ada untuk bersilaturahmi dengan keluarga yaitu melalui video call. “Dengan semangat Ramadan ini kita bersama-sama berharap pandemi covid-19 akan segera berakhir sehingga kita dapat beraktifitas seperti sedia kala,” tutup Kadivpas. (Humas Kanwil Sumsel)

WhatsApp Image 2021 05 10 at 11.20.07 AM

WhatsApp Image 2021 05 10 at 11.20.07 AM

 


Cetak   E-mail