Rakor Pengendalian Capaian Kinerja, Kemenkumham Gelorakan Kerja Produktif di Era Tatanan Normal Baru

a

 

Humas, Palembanng - Dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) terhadap Taget Kinerja 2020 yang telah disusun berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-03.PR.01.03 Tanggal 22 November 2019 tentang Target Kinerja Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2020. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Capaian Kinerja Semester I Tahun 2020. Dengan mengusung tema “Tatanan Normal Baru Kumham Pasti Produktif”, pelaksanaan Rakor ini dijadwalkan akan berlangsung selama empat hari pada tanggal 29 Juni s.d. 2 Juli 2020.

Berbeda dengan kegiatan-kegiatan Rakor sebelumnya, untuk mengedepankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 kegiatan kali ini dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom diikuti oleh seluruh jajaran unit eselon I dan Kantor Wilayah se-Indonesia.

Bertempat di ruang teleconference, hadir lengkap para Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel yakni Kepala Kantor Wilayah (Ajub Suratman), Kepala Divisi Administrasi (Rifqi Adrian Kriswanto), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Alfi Zahrin), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Siar Hasoloan Tamba), dan Kepala Divisi Keimigrasian (Saffar Muhammad Godam) untuk mengikuti pelaksanaan Rakor.

COLLAGE

Pada hari pertama pelaksanaan, kegiatan dibuka secara resmi oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly sekaligus memberikan pembekalan kepada peserta Rakor. Dalam arahannya, Menteri Hukum dan HAM mengatakan meski di situasi Pandemic Kementerian Hukum dan HAM tetap menyelenggarakan rapat kerja sekaligus melakukan pengendalian dan evaluasi atas capaian kinerja pada semester I Tahun Anggaran 2020.

“Pengendalian dan evaluasi ini sangat penting dan berharga, karena sudah terbukti bahwa dengan beberapa kali kita melaksanakan rapat kerja dengan mekanisme seperti yang sudah dan akan kembali kita laksanakan ini, Kementerian Hukum dan HAM berhasil mempertahankan bahkan meningkatkan kinerjanya, prestasi kinerja sudah menjadi budaya di Kementerian yang kita cintai ini”, jelas Menkumham.

Disaksikan oleh seluruh jajaran Kemenkumham melalui virtual, Yasonna menggelorakan semangat kerja produktif di Era Tatanan Normal Baru, hal ini digambarkan dengan penggunaan ‘Dua Lumba-lumba’ yang mengapit logo corporate university sebagai logo Rakor kali ini.

“Dua Lumba-lumba melingkar tetapi tidak berhadapan mulut ke mulut dan berkomunikasi dengan gelombang sonar, dimaknai  bahwa di era tatanan normal baru kita harus patuh pada protokol kesehatan COVID-19 dan tetap bekerja secara produktif. Dalam kondisi Pandemi Covid-19 segala bentuk aktivitas kinerja dilaksanakan dengan menjaga jarak melalui pemanfaatan teknologi informasi secara virtual”, jelas Menkumham.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Ajub Suratman yang sekaligus peserta rakor mengatakan bahwa meski dilaksanakan secara virtual ia mengaku tidak ada kendala terkait penyelenggaraan Rakor kali ini, karena telah dilakukan persiapan yang matang sebelum pelaksanaan.

“Kita sudah siap untuk memaparkan capaian-capaian yang telah kita lakukan, menghadapi Tatanan Normal Baru, Kanwil Kemenkumham Sumsel telah menyiapkan beberapa inovasi layanan serta upaya dalam melakukan pengendalian Covid-19 untuk menunjang kinerja agar tetap produktif”, ujar Kakanwil.

Usai pembukaan oleh Menteri, kegiatan dilanjutkan pengarahan dan pembekalan oleh Sekretaris Jenderal, Inspektur Jenderal, Guru Besar FIA Universitas Indonesia, Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan serta pengarahan mekanisme evaluasi yang akan dilaksanakan Selasa - Rabu (30 Juni – 1 Juli 2020). (Rilis/Foto/Editor: Dera/Kasubag Humas Hamsir).

 

1
a

1

1

1

1

1

sc

sc2


Cetak   E-mail