Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel Kembali Awasi Pemulangan 52 WNA China

a

HUMAS, Palembang – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan melalui Divisi Keimigrasian kembali melakukan pengawasan pemulangan Tahap 2 terhadap 52 Warga Negara Asing (WNA) asal China untuk kembali ke negara asalnya, Jumat (22/5). Pemulangan TKA dari perusahaan China Harbour Indonesia (CHI) ini dikarenakan telah selesai melaksanakan proyek pembangunan Pelabuhan PT. OKI Pulp and Paper Mills, yang bertempat di Tanjung Tapa, Kabupaten Ogan Komering Ilir. Sebelumnya telah dilakukan pemulangan tahap 1 sebanyak 141 WNA China dengan alasan yang sama pada Rabu, 20 Mei 2020 silam.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Kanwil Kemenkumham Sumsel selaku pemberi pelayanan Keimigrasian berupa Pemberian Izin Kedatangan/ Keberangkatan di TPI Bandar Udara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II memulangkan 52 WNA China tersebut menggunakan charter flight no registrasi Xu-995 dengan rute Phnom Penh. Proses pemulangan ini  tetap senantiasa menerapkan protokol kesehatan terkait pencegahan dan penyebaran Covid-19 bagi petugas yang bekerja pada jadwal tersebut.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan Ajub Suratman selaku Pimpinan tertinggi menegaskan bahwa Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang telah memulangkan WNA sesuai prosedur yang berlaku. “Hal ini untuk menepis berita yang beredar bahwa ada dugaan masuknya WNA China ke Palembang yang marak di sosial media beberapa hari lalu, kami tegaskan bahwa itu adalah hoax. Kami telah melakukan proses pemulangan WNA China sebanyak  141 orang pada Rabu, 20 Mei 2020 dan Jumat, 22 Mei 2020 sebanyak 52 orang. Mereka dipulangkan karena telah selesai melaksanakan proyek pembangunan Pelabuhan PT. OKI Pulp and Paper Mills. Sekali lagi kami tegaskan, mereka itu dipulangkan, bukan didatangkan,” tegas Kakanwil.

Sebelum dilakukan pemulangan, PT. CHI telah melakukan koordinasi dengan Kantor Imigrasi dan sejumlah instansi terkait, seperti Angkasa Pura II Bandara SMB II, Karantina Kesehatan, Kepolisian Daerah, Disnaker dan Bea Cukai. Ketika proses pemulangan pun, seluruh WNA dalam keadaan sehat dan tidak reaktif terhadap Covid- 19. Para TKA juga menggunakan alat pelindung diri (APD) dengan lengkap. Tepat pukul 07.45 WIB pesawat take off menuju Cambodia.

Kegiatan pemulangan tahap 2 sebanyak 52 WNA China ini dipimpin langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ajub Suratman dan didampingi Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang (Hasrullah), Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Syafrizal) dan Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan (Raja Ulul Azmi). Sementara itu pihak eksternal yang turut mendampingi ada dari Polda Sumsel, Dinas Tenaga Kerja, Badan Intelijen Nasional (BIN), Badan Intelijen Strategis (BAIS) dan Karantina Kesehatan. Dalam rangkaiannya, proses pemulangan WNA berjalan lancar dan terkendali tanpa ada gangguan. (Rilis/Editor: Willi/Kasubag Humas, Hamsir)

a

a

a

a

Cetak