Cegah Penyebaran Virus Corona di Lapas, Kakanwil Lakukan Sosialisasi di Lapas Lubuk Linggau

a 

HUMAS, Sumsel – Dalam rangka memastikan secara langsung jajarannya menjalankan tindakan preventif mengenai penyebaran Corona Virus Desease-19 (Covid-19) di lingkungan lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan Ajub Suratman melakukan peninjauan langsung ke lapas/rutan yang berada dibawah naungannya. Senin (23/3), Kakanwil melakukan kunjungan sekaligus mensosialisasikan pencegahan virus corona di Lapas Kelas IIA Lubuk Linggau.

Kedatangan Kakanwil dan rombongan disambut baik oleh Kepala Lapas Kelas IIA Lubuk Linggau, Imam Purwanto. Kakanwil juga didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Giri Purbadi, Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Rudik Erminanto, Kepala Lapas Kelas IIB Empat Lawang (Mohammad Ridwantoro), dan Kepala Lapas Kelas III Surulangun Rawas (indra Yudha). Bersama-sama mereka melakukan sosialisasi yang berpusat di Aula Lapas Lubuk Linggau tersebut.

Mengawali kegiatan, Kepala Lapas Kelas IIA Lubuk Linggau Imam Purwanto melaporkan bahwa saat ini di lapasnya memiliki jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebanyak 999 orang. Dia juga mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan kegiatan pencegahan dan antisipasi penyebaran virus corona dengan melakukan penyemprotan cairan desinfektan mulai dari pintu masuk hingga ke seluruh blok binaan.  “Kami sudah melakukan tindakan antisipasi penyebaran virus corona dengan menyemprot desinfektan di seluruh lingkungan lapas. Dapat kami laporkan pula bahwa Lapas Lubuk linggau ini WBP-nya memiliki kegiatan yang produktif seperti kegiatan Balai Latihan Kerja yang meliputi salon, tata boga, mengelas dan memotong kayu,” ujar Imam.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ajub Suratman mengatakan bahwa dalam melawan virus corona ini, hal pertama yang harus disiapkan adalah fisik dan daya tahan tubuh yang sehat, yaitu dengan berolahraga. “Berolahraga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Selain itu, kita juga bisa mencegah penyebaran virus corona dengan perilaku hidup sehat mulai dari cuci tangan teratur menggunakan sabun ataupun handsanitizer. Jika badan kita bersih, maka hati dan pikiran kita juga bersih, maka kita akan terbiasa hidup sehat. Terakhir, kepala seluruh UPT Pemasyarakatan Sumatera Selatan, selalu lakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana setempat dalam upaya mencegah pandemi Covid-19 di Lapas maupun Rutan,” jelas Kakanwil.

Saat ini, seluruh Lapas di bawah naungan Kanwil Kemenkumham Sumsel meniadakan kunjungan keluarga WBP ke wilayah lapas/ rutan. Akan tetapi hal tersebut diganti dengan komunikasi melalui video call yang disiapkan oleh petugas Lapas/ Rutan. Kegiatan sosialisasi itu ditutup dengan Kakanwil dan tim melakukan inspeksi dan pemeriksaan lapangan ke seluruh bagian dari Lapas Kelas IIA lubuk Linggau. “Lingkungan Lapasnya sudah cukup ‘Endang’, Enak Dipandang. Terus jaga dan tingkatkan kebersihannya,” tutup Kakanwil

Menindaklanjuti sosialisasi dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona di lingkupan dan rutan, Kakanwil juga turut melakukan koordinasi ke Walikota Lubuk Linggau. Pemerintah setempat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel yang dibuktikan dengan dilakukannya penyerahan hand sanitizer dari Walikota Lubuk Linggau ke Lapas Kelas IIA Lubuk Lingau. (Rilis/Foto/Editor: Willi/Nanda/Kasubag Humas, Hamsir)

64346f49 0cb5 446a 8a12 c4274f3c11de64346f49 0cb5 446a 8a12 c4274f3c11de

64346f49 0cb5 446a 8a12 c4274f3c11de

64346f49 0cb5 446a 8a12 c4274f3c11de64346f49 0cb5 446a 8a12 c4274f3c11de64346f49 0cb5 446a 8a12 c4274f3c11de 

Cetak