Lepas Sambut Kepala Divisi, Kakanwil: Selamat Jalan dan Selamat Datang

1

HUMAS, Sumsel – “Sampai jumpa kawanku, semoga kita selalu menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan,” penggalan lirik lagu yang berjudul Sebuah Kisak Klasik dari Sheila On 7 tersebut mengiringi jejak langkah perpisahan Kepala Divisi Administrasi, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM dan Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan, Kamis (12/3).

Bertempat di ruang Aula Kantor Wilayah, digelar Lepas Sambut Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Yankumham) dan Kepala Divisi Keimigrasian. Juga Pengantar Purna Bhakti Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel. Para Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel ini antara lain Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Bambang Setyabudi) dirotasi ke Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah setelah 1 tahun 3 bulan mengabdi di Sumsel, Kepala Divisi Keimigrasian (Hendro Tri Prasetyo) dirotasi ke Kanwil Kemenkumham Kalimatan Timur setelah 1 tahun 3 Bulan mengabdi di Sumsel, dan Kepala Divisi Administrasi (Indra Gunawan Begab) yang akan menjalani Purna Tugas setelah 1 tahun 3 bulan mengabdi di Sumsel dengan total mengabdi selama 36 Tahun 1 Bulan di Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan Pejabat Fungsional Assesor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Utama Kemenkumham RI (Sudirman D Hury) yang merupakan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel periode sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bangka Belitung (Anas Saeful Anwar) yang turut melepas Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM mereka yaitu Siar H. Tamba yang menjadi Kepala Divisi Yankumham Kanwil Sumsel. Hadir juga para Kepala Unit Pelaksana Teknis se-Sumsel, Pengurus Daerah dan Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia Sumsel dan Organisasi Bantuan Hukum (OBH) Sumsel.

Mengawali kegiatan, diberikan arahan langsung dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan Ajub Suratman. Dia membawakan materi mengenai 10 (sepuluh) segi kesejahteraan keluarga. Materi ini diselingi dengan persentasi investasi properti oleh Direktur Utama Citra Arsigriya. “Utamakan investasi ke properti. Usahakan memiliki rumah pribadi. Lebih baik rumah kecil tapi milik sendiri daripada besar tapi bukan milik pribadi,” ujar Kakanwil.

a

Selanjutnya acara Lepas Sambut pun berlangsung lebih hangat dan akrab. Jajaran pegawai Kantor Wilayah melalui Bagian Program dan Humas mempersembahkan video perpisahan yang berisikan kegiatan singkat Para Kepala Divisi selama bertugas di Sumatera Selatan. Tampak haru dan air mata menghiasi para undangan dan juga para Kepala Divisi yang akan berpisah. Kemudian disampaikan kata sambutan dari Kepala Divisi Pemasyarakatan Giri Purbadi yang menjadi satu-satunya Kepala Divisi Kanwil Sumsel yang tersisa. Giri menyampaikan rasa terima kasih dan selamat bekerja kepada jajaran Kepala Divisi yang akan meninggalkan Kanwil Kemenkumham Sumsel tersebut. “Semoga dapat memberikan kontribusi yang positif di Kanwil yang baru dan tentunya ikut berperan dalan kemajuan Kemenkumham RI,” pesan Giri.

Para Kepala Divisi yang akan berpisah tersebut juga menyampaikan Kata Pamitnya. Secara berturut-turut mereka menyampaikan betapa bangga dan bahagianya bisa bertugas di Kantor Wilayah yang memiliki jargon ‘Pacak Galo’ ini. Mereka mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepala Kantor Wilayah dan jajarannya karena telah bekerja sama dalam menjalani tugas dan fungsi sebagai Kepala Divisi. Di akhir kata pamitnya, para Kadiv tersebut menyampaikan lagu-lagu perpisahan yang sangat menyentuh. Seolah tidak mau kalah, para Kepala Divisi yang baru pun turut menyampaikan Kata Perkenalan mereka. Para Kadiv tersebut antara lain Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Siar Hasoloan Tamba), Kepala Divisi Keimigrasian (Saffar Muhhamad Godam) dan Kepala Divisi Administrasi (Rifqi Adrian). Bersama-sama mereka mengajak seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel untuk selalu bergerak maju dan bekerja sama dalam menjalan tugas dan fungsi sebagai Aparatur Sipil Negara berdasarkan amanat Undang-Undang.

Jalannya acara Lepas Sambut ini diselingi dengan Pemberian Tanjak dan Cincin oleh Kepala Kantor Wilayah Sebagai Tanda Cinta dan Terima Kasih dari Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan atas Pengabdian dan Pengorbanan Para Kepala Divisi selama bertugas di Sumsel.  Juga dilakukan pemberian cinderamata dari Kantor Wilayah dan para peserta yang hadir. Di akhir kegiatan, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ajub Suratman menyampaikan ucapan Lepas Sambutnya. “Semoga para Kadiv yang dirotasi kedepannya semakin sukses dan lebih dilancarkan karirnya. Terkhusus untuk Bapak Indra Gunawan yang akan Purna Tugas, semoga selalu hidup bahagia bersama keluarga,” pesannya.

Kakanwil juga menyambut baik kedatangan para Kepala Divisi yang baru. “Selamat bertugas dan bekerja kepada Para Kadiv yang baru. Saya sambut dengan tangan terbuka kedatangan kalian. Bersama-sama mari kita gemparkan Kanwil Kemenkumham Sumsel. Semoga kalian dan kita semua dapat meneruskan program-program yang sudah berjalan, terutama mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). (Rilis/Foto/Editor: Willi/Nanda/Krisna/Kasubag Humas, Hamsir)

111111111111111111111111111

Cetak