Tandatangani MoU dengan Bupati, Kakanwil : Optimalisasi Pelayanan Perawatan dan Pembinaan WBP di Lapas Muara Enim

podium kakanwil

     Humas, Sumsel.  Dalam rangka Optimalisasi Pelayanan Perawatan dan Pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Muara Enim, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Ajub Suratman dan PLT.Bupati Kabupaten Muara Enim, H.Juarsyah lakukan penandatanganan Nota Kesepahaman. Bertempat di Lapas Kelas IIB Muara Enim (Selasa, 10 Maret 2020)

   Dalam kesempatan tersebut ada beberapa rangkaian acara yang berlangsung yaitu :

  1. Penandatangan Nota Kesepahaman Antara Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel dengan Bupati Muara Enim tentang Optimalisasi Pelayanan Perawatan dan Pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Muara Enim.
  2. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara Kalapas Muara Enim dengan Kepala Disperindag Kab.Muara Enim
  3. Penyerahan Bantuan dari Disperindag Kab.Muara Enim Kepada Lapas Kelas IIB Muara Enim berupa Mesin Jahit
  4. Wisudah Santri Pesantren Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Istiqomah Lapas Kelas IIB Muara Enim, dan
  5. Peresmian Balai Pelatihan Produktif (BLP) Lapas Kelas IIB Muara Enim

MOU bupati

        Pada rangkaian acara tersebut, turut hadir Kapolres Muara Enim, Kejari Muara Enim, Kakanim Muara Enim, Kepala BNNK Muara Enim, Perwakilan Dandim 0404 Muara Enim dan Unsur Forkopimda lainnya serta Rekan Rekan Media.

       Dalam sambutannya, Kepala Lapas Muara Enim, Hidayat mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang hadir pada hari ini. Hidayat melaporkan bahwa seyogyanya diisi 486 orang, namun pada hari ini isinya sebanyak 1234 orang penghuni. tentu ini telah Over Crowded. Oleh karenanya, untuk optimalnya pembinaan di Lapas Muara Enim Support dan dukungan dari dinas-dinas lain khususnya Pemerintah Kabupaten Muara Enim sangat dibutuhkan.

serah terima barang

       “Sebagaimana arahan Bapak Kakanwil Kemenkumham Sumsel, untuk dapat menciptakan Lapas yang Bersih, Rapi, Indah dan Enak di Pandang (Endang) serta juga harus produktif. maka wujud dari implementasi tersebut salah satunya kami berupaya membuat tempat / Balai Latihan Produktif (BLP) dan nantinya mohon berkenan Bapak Kakanwil dan Bapak Bupati untuk dapat meresmikannya. Tutur Hidayat

       “Tujuan dari pada di bentuknya Balai Latihan Produktif (BLP) ini agar Warga Binaan dapat mengasah keterampilannya dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki sehingga dapat menjadi SDM yang Produktif” Tandasnya

      Hidayat menambahkan “Lapas Muara Enim saat ini sedang berjuang dan berusaha untuk mewujudkan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) yang mana sebelumnya telah berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

       Banyak inovasi-inovasi yang telah dilakukan yaitu seperti telah berbasiskan Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) Pendaftaran Kunjungan Online, Layanan Kunjungan Online berupa video call, ruang konsultasi layanan yang mana sebagai respon cepat reaksi tepat untuk mengelola aduan masyarakat. adanya Pos Pembinaan terpadu Penyakit Tidak Menular (POSBINDU_PTM), Program Gerebek KAmar (GEMAR) dan masih banyak lagi. Ucap Hidayat

potong pita

Kepala Kantor Wilayah Kementrian dan HAM sumatera Selatan, Ajub Suratman juga menuturkan bahwa sinergitas yang terjalin ini sangat lah baik. Warga Binaan di Lapas Muara Enim ini juga bagian dari Masyarakat Kabupaten Muara Enim, maka apabila proses pembinaannya berhasil, WBP yang akan bebas dapat menjadi SDM yang produktif dan hal itu akan berimplikasi dalam menopang program pembangunan Pemerintah daerah Kabupaten Muara Enim. Baik dari segi ekonomi, hukum, maupun sosial budaya. Tegas Ajub.

    “Sumatera Selatan ini ada 3 yang telah menyandang predikat wilayah bebas dari Korupsi (WBK) yaitu Lapas Muara Enim, Kantor Imigrasi Muara Enim dan LPKA Palembang. mudah mudahan Lapas Muara Enim dan Kantor Imigrasi Muara Enim dapat menyandang predikat wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) pada tahun 2020 ini”

     Senada dengan hal tersebut Plt Bupati Muara Enim H Juarsah, mengatakan Latihan yang diberikan merupakan latihan keterampilan kerja yang berbasis masyarakat pelatihan ini bertujuan untuk memberikan ruang kepada para pencari kerja serta mempersiapkan manusia yang terampil memiliki jati diri yang siap menjadi manusia Mandiri dan membuka peluang usaha bagi masyarakat lainnya di masa yang akan datang, pemerintah Kabupaten Muara Enim mendukung sepenuhnya peningkatan sumber daya manusia di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Muara Enim.

santri

    “Hal ini diwujudkan dengan salah satu penandatanganan kerjasama antara pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan Lembaga pemasyarakatan kelas IIB yang membahas kerjasama tentang optimalisasi pelayanan perawatan dan pembinaan terhadap warga binaan. Pemasyarakatan dengan jalinan kerjasama ini Pemerintah Kabupaten Muara Enim kesempatan untuk bekerja sama dengan pihak lain melalui organisasi perangkat daerah yang berada di dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim Misalnya saja dengan Dinas Perdagangan dinas tenaga kerja kepala bagian ini masyarakat yang selama ini dipandang sebelah mata menjadi SDM yang produktif dan inspiratif di tengah-tengah masyarakat,” ucap Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH.

    Plt Bupati beserta rombongan melakukan penandatangan dan mewisuda santri pesantren madrasah diniyah Takmiliyah Al-Istiqomah Lapas Muara Enim, serta di lanjutkan dengan pengguntingan pita dan peninjauan langsung hasil dari karya binaan Lapas Muara Enim. (rilis/foto/editor:NDV,Humas.Lapas.Muara.Enim/NDV/Kasubag_HRBTI, Hamsir)

hasilkarya 1

hasilkarya 1

hasilkarya 1

hasilkarya 1

hasilkarya 1

hasilkarya 1

 

hasilkarya 1

 

hasilkarya 1


Cetak   E-mail