Kuatkan Tugas dan Fungsi, Bagian Program dan Humas Gelar Coaching dan Mentoring

a 

HUMAS, SUMSEL - Menindaklanjuti arahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan (Ajub Suratman) mengenai pelatihan dengan metode Corporate University, Kepala Bagian Program dan Humas (Gunawan) mulai memobilisasi jajarannya melalui pelatihan berbasis coaching dan mentoring terkait tugas dan fungsi Bagian PH. Didampingi Kasubag Program dan Pelaporan (Riyan Citra) dan Kasubag Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi (Hamsir), kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Kantor Wilayah, Kamis (9/1).

Mengawali coaching dan mentoring, Gunawan menjelaskan kembali tugas dan fungsi dari Bagian Program dan Humas Kanwil Kemenkumham Sumsel sebagai bentuk pengingat sekaligus penguatan untuk seluruh jajarannya agar senantiasa menjalankan tugas semaksimal mungkin. “Di awal tahun 2020 ini mari kita me-review sekaligus menguatkan kembali komitmen kita dalam menunaikan apa yang telah diamanatkan negara kepada kita,” ujar Gunawan.

Kegiatan coaching dan mentoring ini menyorot mengenai penyusunan action plan dari tiap Sub Bagian tentang apa-apa yang harus dilakukan di tahun 2020. “Mulai dari Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi Kanwil Sumsel, apa yang akan kita lakukan mengenai layanan kehumasan, protokoler, dan teknologi informasi? Karena jika mengacu pada RKA-KL, ada banyak kegiatan reformasi birokrasi yang di dalamnya ada Sistem Pengendalian Inten Pemerintah (SPIP), Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Gratifikasi, dan Saber Pungli. Yang mana semua komponen tadi akan dibagi Kelompok Kerja-nya (Pokja) dalam rangka penyelesaian tugas dan fungsi. Ditambah, kita juga dituntut untuk melahirkan berbagai inovasi teknologi yang berguna dalam pelayanan publik,” tambah Gunawan.

“Untuk Sub Bagian Program dan Pelaporan, kita diharapkan untuk terus meningkatkan kinerja dengan melakukan analisis kinerja terkait dengan 8 area perubahan dalam Reformasi Birokrasi yang telah berhasil dicapai oleh kanwil juga sebagai umpan balik dalam peningkatan kinerja melalui rekomendasi solusi dari hasil analisis tersebut, beserta data dukungnya (SOP). Instrumen lain yang juga mendukung upaya peningkatan kinerja juga perlu ditingkatkan, yaitu SPIP, Implementasi Janji Kinerja, Pelaporan B03, B06, B09 serta penyusunan renstra,” jelas Gunawan.

Selain itu, Gunawan juga mengimbau beberapa hal penting kepada jajarannya untuk menyiapkan acara pelantikan Kepala UPT yang baru agar dapat segera melaksanakan tugas, membentuk, membentuk grup Sinergi Media Sosial Aparatur Negara (SIMAN), membentuk tim olahraga, dan pembentukan tim protokoler.

Lebih lanjut, Gunawan juga memotivasi agar kerja cepat, lebih cepat, dan lebih cepat lagi sesuai dengan slogan Kementerian Hukum dan HAM yang telah dikumandangkan oleh Menkumham Yasonna H Laoly ketika Deklarasi Janji Kinerja 2020 beberapa waktu lalu. (Rilis/Foto/Editor: Willi/Rido/Kasubag HRBTI, Hamsir)

WhatsApp Image 2020 01 09 at 16.23.49

WhatsApp Image 2020 01 09 at 16.23.49

WhatsApp Image 2020 01 09 at 16.23.49

WhatsApp Image 2020 01 09 at 16.23.49

WhatsApp Image 2020 01 09 at 16.23.49

WhatsApp Image 2020 01 09 at 16.23.49


Cetak   E-mail