Isi Kekosongan Jabatan, Kanwil Kemenkumham Sumsel Lakukan Open Bidding

4

Palembang_Humas - Dalam rangka menghindari jual beli jabatan dan mewujudkan langkah pasti upaya peningkatan kinerja untuk menghasilkan pejabat baru yang bersih, berkompeten, dan berintegritas pada pembenahan dan pemantapan organisasi, digelar seleksi terbuka atau Open Bidding Internal Jabatan Struktural Eselon IV dan Eselon V di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Selasa (7/1).

Bertempat di Aula Kantor Wilayah, yang diikuti sebanyak 11 peserta yang terdiri dari 6 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sumatera Selatan yaitu Lapas Kelas IIA Lubuk Linggau, Lapas Narkotika Kelas IIA Lubuk Linggau, LPKA Kelas I Palembang, Bapas Kelas I Palembang, Rutan Kelas IIB Prabumulih dan Cabang Rutan Tebing Tinggi. Open Bidding atau harfiahnya penawaran terbuka adalah kegiatan lelang untuk mengisi kekosongan jabatan melalui berbagai tahapan tertentu. Dimulai dari seleksi administrasi, uji kompetensi, pemaparan, hingga wawancara oleh Pimpinan Tinggi.

Kegiatan ini dibuka oleh Ajub Suratman selaku Kepala Kantor Wilayah. Dalam sambutannya, dia mengungkapkan bahwa seleksi terbuka merupakan salah satu cara untuk mendapatkan seseorang yang memiliki kompetensi yang sesuai untuk mengisi atau menduduki suatu posisi jabatan. Hal ini merupakan amanah yang diberikan Pimpinan kepada Pegawai Negeri Sipil yang terpilih dan dianggap mampu mengemban tugas dan amanah tersebut. Untuk itu, bagi Pejabat yang nantinya diberikan kepercayaan diharapkan dapat melaksanakannya sesuai dengan harapan, sehingga mampu mendorong peningkatan pembangunan, pelayanan dan kesejahteraan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Selama tahun 2019 kita telah melaksanakan kegiatan Seleksi Terbuka Pegawai sebanyak 3 kali, yaitu bulan Februari, Juli dan November. Hal ini menegaskan bahwa dilaksanakan bukan sekali ini saja, tetapi dilaksanakan secara berkesinambungan atau kontinyu dan bertahap sehingga penempatan pegawai sesuai dengan harapan dan kompetensinya. Pengelolaan SDM yang handal dapat mewujudkan visi Kementerian Hukum dan HAM yaitu masyarakat memperoleh kepastian hukum, dan misi Kemenkumham yaitu mewujudkan peraturan Perundang-undangan yang berkualitas, mewujudkan pelayanan hukum yang berkualitas, mewujudkan pelayanan hukum yang berkualitas, mewujudkan penegakan hukum yang berkualitas, mewujudkan penghormatan, pemenuhan, dan perlindungan HAM, mewujudkan layanan manajemen administrasi Kementerian Hukum dan HAM serta mewujudkan aparatur yang professional dan berintegritas dan didasari dengan tata nilai Kemenkumham yang menjunjung tinggi tata nilai kami PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif) khususnya di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan,” ujar Ajub.

“Yang perlu diingat,” lanjutnya,”terselenggaranya kegiatan ini tentunya tidak terlepas dari bantuan dan dukungan semua pihak, oleh karena itu kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panitia Seleksi Terbuka pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan atas persiapannya hingga pelaksanaan acara ini sampai dengan selesai. Pada kesempatan ini juga, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada peserta yang telah hadir dan saya berharap kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan,” ungkap Kakanwil.

15

15

15

15

15

15

15

15

15

15

15

15

15

15


Cetak   E-mail