Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

1

HUMAS, SUMSEL  - Dalam rangka mempererat jalinan silaturahmi, koordinasi serta sinergi yang harmonis antara Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan dengan satuan kerja internal ataupun dengan Pemerintah Daerah, dilakukan kunjungan kerja mengenai pelaksanaan tugas dan fungsi serta peran Kementerian Hukum dan HAM di Sumatera Selatan. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Ajub Suratman, memulai koordinasinya dengan mengunjungi Bupati Musi Rawas Utara, HM Syarif Hidayat di ruang kerjanya, Senin (26/11).

Ditemani Sekretaris Daerah Alwi Roham, Bupati Muratara menyambut baik kedatangan Kakanwil dan rombongan. Dalam pertemuan ini, Bupati Muratara membahas banyak hal. Mulai dari Kantor Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Muratara yang sangat membantu mempermudah masyarakat dalam melakukan permohonan pelayanan keimigrasian terutama untuk masyarakat di lingkungan Musi Rawas, Lubuk Linggau, Empat Lawang, Musi Banyuasin, Pagaralam, hingga ke Provinsi Bengkulu.

Selain itu, dibahas juga mengenai rencana pemanfaatan kembali gedung ruang sidang Kementerian Hukum dan HAM yang sudah lama tidak dioperasionalkan guna mendukung pelaksanaan tugas Pemerintah Daerah di Musi Rawas Utara serta rencana pemindahan lapas menggunakan lahan hibah seluas 7 hektar ke Danau Rayo Muara Rupit,

Kepada Bupati Muratara, Kakanwil juga merespon baik berbagai wacana yang telah disebutkan. Kakanwil didampingi oleh Kepala Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi (Hamsir) mengemukakan komitmennya untuk menjadikan Kanwil Kemenkumham Sumsel beserta segenap jajaran sebagai mitra kerja yang patut diperhitungkan bagi Pemerintah Daerah Musi Rawas Utara.

“Saat ini Indonesia sedang gawat narkoba, maka sangat diperlukannya pendidikan akan hal tersebut. Untuk itu, kami meminta Bupati agar segera membentuk sekolah sadar hukum dan memenuhi kriteria penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM. Kami juga menyambut baik rencana untuk saling hibah lahan dan bangunan dalam rangka membangun Muratara yang lebih baik. Lebih dari itu, kami mengajak Pemda Muratara untuk mengangkat indikasi geografis agar dapat meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi rakyat, yang dalam hal ini adalah Ikan Peda sebagai ciri khasnya,” jelas Ajub.

Dalam kunjugan ini turut hadir Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim (Telmaizul), Kepala Lapas Kelas IIA Lubuk Linggau (Imam Purwanto), Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti (Suyatna), dan Kepala Lapas Kelas III Surulangun Rawas (Chairul Anwar).

Selanjutnya, Kakanwil dan rombongan pun melanjutkan kunjungan kerja ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Surulangun Rawas yang dikepalai oleh Chairul Anwar. Disini Kakanwil memberikan pembekalan mengenai penguatan mental dan semangat kepada seluruh pegawai dan Warga Binaan Peamsyarakatan (WBP). Kemudian kakanwil juga melakukan peninjauan terhadap fasilitas, sarana dan prasarana serta kebersihan di lingkungan Lapas Kelas III Surulangun Rawas.

Setelah puas memberikan penguatan dan melakukan peninjauan di Lapas Kelas III Surulangun Rawas, Kakanwil dan tim pun bergerak menuju Kantor Balai Pemasyarakatan (Bapas) baru yang ada di Musi Rawas Utara. Disana dilakukan pengecekan mengenai sarana dan prasarana penunjang untuk menjadi gedung Bapas baru. Juga dilakukan penninjauan lahan yang akan dihibahkan oleh Bupati Muratara yang jaraknya tidak begitu jauh dari Bapas baru tersebut.

Di akhir kunjungan kerjanya, Kakanwil dan tim pun kembali melakukan koordinasi dengan mengunjungi Walikota Lubuk Linggau, Prana Putra Pohe. Dalam pertemuan yang berlangsung akrab tersebut, Kakanwil menyampaikan tujuan kerjasama di segala bidang terutama bidang hukum dan HAM. Gerak cepat sangat diharapkan oleh kedua belah pihak agar terciptanya keharmonisan antara Kanwil Kemenkumham Sumsel dengan Pemkot Lubuk Linggau. (Rilis/Foto/Ediotr: Willi/Hasan/Kasubag Humas, Hamsir).

---------------------------------------------------------------

Dokumentasi Kakanwil dengan Bupati Musi Rawas Utara

WhatsApp Image 2019 11 26 at 06.39.19WhatsApp Image 2019 11 26 at 06.39.19WhatsApp Image 2019 11 26 at 06.39.19WhatsApp Image 2019 11 26 at 06.39.19

-----------------------------------

Dokumentasi Kakanwil di Lapas Kelas III Surulangun

WhatsApp Image 2019 11 26 at 09.03.33WhatsApp Image 2019 11 26 at 09.03.33WhatsApp Image 2019 11 26 at 09.03.33WhatsApp Image 2019 11 26 at 09.03.33WhatsApp Image 2019 11 26 at 09.03.33WhatsApp Image 2019 11 26 at 09.03.33

Pemantauan Lahan Hibah

hibah 2

hibah 2