Eratkan Sinergitas dengan Pemerintah Daerah, Kakanwil Lakukan Koordinasi dengan Gubernur Sumsel

WhatsApp Image 2019 10 14 at 3.41.32 PM 4

Palembang - Humas. Dalam rangka menjalin sinergitas dengan Pemerintah Daerah di Sumatera Selatan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan, Ajub Suratman melakukan koordinasi dengan Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Herman Deru di ruang pertemuan Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Senin (14/10).

Dalam kegiatan koordinasi ini, Kakanwil di dampingi oleh Kadiv. Administrasi, Indra Gunawan Begab, Kadiv. Pemasyarakatan, Giri Purbadi, Kadiv. Keimigrasian, Hendro Tri Prasetyo, Kadiv. Pelayanan Hukum dan HAM, Bambang Setyabudi, Kepala Lapas Kelas I Palembang, Riyanto, Kepala LPP Kelas IIA Palembang, Tri Anna Aryati, Kepala LPKA Kelas I Palembang, Wahyu Hidayat, Kakanim Kelas II Muara Enim, Telmaizul, serta pejabat dilingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel. Kedatangan Kakanwil itu disambut langsung oleh Gubernur yang didampingi para Assisten, Kepala Dinas dan Kepala Biro Provinsi Sumatera Selatan.

Disamping untuk bersilaturahmi dengan Gubernur Sumsel, Kakanwil menyampaikan secara langsung kepada Gubernur Sumsel terkait capaian yang telah dicapai sejak kepemimpinannya di Kanwil Kemenkumham Sumsel.

“Mengawali kepemimpinan saya di Sumsel, saya telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait, baik di internal Kemenkumham Sumsel sendiri maupun instansi eksternal seperti Pemkab/Pemkot, Polda, Pengadilan Tinggi, Kejaksaan, dan lain sebagainya”, lapor Kakanwil kepada Gubernur.

Selain itu, Kakanwil juga melaporkan terkait Kantor UKK di Baturaja yang beberapa pekan lalu diresmikan, program pembentukan Sekolah Sadar Hukum di Sumsel yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, rencana pembangunan Lapas Terbuka di Prabumulih, serta rencana peningkatan program pembinaan warga binaan pemasyarakatan.

“Mohon izin pak Guberbur, dalam rangka menyambut HUT Kemenkumham RI tahun 2019 ini, Kanwil Kemenkumham Sumsel akan membentuk Sekolah Sadar Hukum di setiap kabupaten/kota yang ada di Sumatera Selatan, untuk itu kami mohon dukungan Pemerintah Sumatera Selatan, khususnya Dinas Pendidikan dalam menyukseskan program ini”, tambah Kakanwil.

Sementara itu, Gubernur Sumsel menyambut baik kedatangan Kakanwil dan jajaran. Ia menyampaikan terima kasih atas kiprah Kakanwil dan jajarannya selama di Sumatera Selatan.

“Saya berterimakasih kepada jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel atas kiprahnya selama ini, selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan baik terhadap kami serta telah membantu Pemprov. Sumatera Selatan khususnya dalam bidang hukum”, ucap Gubernur.

Terkait program pembentukan Sekolah Sadar Hukum di Sumsel, Gubernur menyambut baik program tersebut, dan secara langsung meminta kepada Assisten I, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Biro Hukum untuk mendukung serta memfasilitasi program yang baik itu.

“Jadikan program Sadar Hukum ini mewabah di sekolah-sekolah, sejak SD bahkan TK, doktrin anak-anak kita bagaimana menjadi insan yang sadar hukum. Karena Hukum itu perlu diedukasi, terkadang adanya suatu pelanggaran adalah akibat dari ketidaktahuan” jelas Herman Deru.

Gubernur Sumsel itu yakin bila masyarakat memiliki kesadaran hukum yang tinggi, ini akan berimplikasi terhadap berkurangnya penghuni Lapas/Rutan, masalah Over Capacity bisa teratasi, serta efisiensi dari program pemerintah secara keseluruhan.

Lebih lanjut, pada kesempatan itu Gubernur juga meminta agar program-program pembinaan keagamaan seperti Rumah Tahfidz diterapkan ke semua Lapas/Rutan yang ada di Sumsel.

 “Terkait program di Lapas/Rutan, pendidikan Agama seperti program Rumah Tahfidz yang saya resmikan di LPKA Palembang beberapa waktu lalu sangat baik untuk diterapkan di semua Lapas/Rutan yang ada di Sumsel, karena ini merupakan program yang baik serta mulia, untuk itu mohon untuk selalu dipelihara dan ditingkatkan, bahkan Kemenkumham bisa menggandeng dari Kemenag atau instansi lain terkait program keagamaan ini”, harap Gubernur.

Diakhir perbincangan, Kakanwil menyampaikan terkait program pemberdayaan warga binaan yang ada di Lapas/Rutan, agar Pemerintah Daerah dalam hal ini Gubernur bisa menunjuk badan usaha yang bisa mengkaryakan Narapidana, seperti : Konveksi, dan kegiatan lainnya. Program ini bertujuan agar para Narapidana lebih produktif dan terampil. Gubernur pun menyambut baik rencana program tersebut, dan akan mendorong Badan Usaha Milik Daerah untuk mendukung program-program pembinaan di Lapas/Rutan. (Rilis/Foto/Editor: Dera/ESB/Kasubag HRBTI, Hamsir)

WhatsApp Image 2019 10 14 at 3.41.32 PM 4

WhatsApp Image 2019 10 14 at 3.41.32 PM 4

WhatsApp Image 2019 10 14 at 3.41.32 PM 4

WhatsApp Image 2019 10 14 at 3.41.32 PM 4

WhatsApp Image 2019 10 14 at 3.41.32 PM 4

WhatsApp Image 2019 10 14 at 3.41.32 PM 4

WhatsApp Image 2019 10 14 at 3.41.32 PM 4


WhatsApp Image 2019 10 14 at 3.41.32 PM 4

 


Cetak   E-mail