Kakanwil Kemenkumham Sumsel Lantik 5 Pejabat PPNS untuk Wilayah Kerja Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sumsel

DSC03025

HUMAS, Palembang - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melantik dan mengambil sumpah jabatan 5 (lima) Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dalam lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Acara tersebut digelar di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel pada Senin (14/10).

Melalui surat keputusan Menteri Hukum dan HAM yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Cahyo Rahadian Muzhar, seluruh pejabat yang dilantik tersebut merupakan PPNS untuk wilayah kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Ajub Suratman dalam sambutannya menyampaikan bahwa PPNS adalah pegawai negeri sipil tertentu yang diberi wewenang khusus oleh undang-undang untuk melakukan penyidikan. PPNS merupakan Jabatan Fungsional yang diberikan negara kepada pegawai negeri sipil yang telah memenuhi syarat tertentu sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 8 tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana.

"Sesuai ketentuan dalam Pasal 176 UU Ketenagakerjaan, PPNS mempunyai kompetensi dan independen guna menjamin pelaksanaan peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan. Untuk menjaga kompetensi dan independensi inilah maka pengangkatan PPNS ditetapkan oleh Menteri atau pejabat yang ditunjuk," jelas Ajub.

Dalam melaksanakan tugasnya, Kakanwil berharap para PPNS yang baru dilantik sebagai penyidik wajib untuk menjunjung tinggi hukum yang berlaku. Dalam kerangka sistem peradilan pidana, peran aparatur penengak hukum khususnya penyidik merupakan pintu gerbang utama dimulainya tugas pencarian kebenaran materil.

"Kami menaruh harapan besar agar PPNS Ketenagakerjaan ini dapat memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam wujud penegakan hukum secara profesional dan proporsional dengan senantiasa menjunjung tinggi supremasi hukum serta HAM menuju terwujudnya kepastian hukum dan rasa keadilan di masyarakat," tegasnya.

Dalam acara pelantikan tersebut turut hadir Kepala Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi, perwakilan dari Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, para pejabar tinggi pratama, pejabat administrator, serta para Kepala UPT Kota Palembang di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel. (Rilis/Foto/Editor: Rido/Kasubag Humas, Hamsir)

DSC03045

DSC03045

DSC03045

DSC03045

DSC03045

DSC03045

DSC03045

DSC03045


Cetak   E-mail