Pada Apel Terakhir Jelang Cuti Bersama Idul Fitri 1440 H, Kakanwil Ingatkan Pegawai Wajib Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019

10

Palembang_Humas. Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan ikuti apel sore terakhir sebelum memasuki cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Jumat (31/5). Apel ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Sudirman D. Hury yang diikuti oleh seluruh Kepala Divisi, Pejabat Struktural, JFT dan JFU Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, bertempat di aula lantai 3 Kantor Wilayah.

Apel ini berlangsung dalam rangka pelaksanaan surat dari Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor: SEK-UM.04.01-182 tanggal 24 Mei 2019 hal Pemberitahuan Pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 dan Libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H Bagi Pegawai di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Surat dimaksud dengan tegas menginstrusikan kepada seluruh pegawai Kementerian Hukum dan HAM untuk melaksanakan apel sore pada hari Jumat tanggal 31 Mei 2019 pukul 15.00 waktu setempat sebelum melaksanakan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Maka berdasarkan Surat Sekretaris Jenderal tersebut, jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel pun melaksanakan apel sore. Apel pagi dan apel sore pegawai memang merupakan agenda wajib setiap hari bagi pegawai Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan dalam rangka meningkatkan kedisiplinan dan etos kerja pegawai. Jadi, agenda ini sudah menjadi agenda rutin dan tidak menjadi beban karena memang sudah menjadi kewajiban dan dilaksanakan oleh seluruh pegawai setiap harinya.

Dalam amanatnya Sudirman menyampaikan beberapa informasi penting. Ia berpesan mengenai apa-apa saja yang harus dipersiapkan oleh para pegawai sebelum memasuki cuti bersama Hari Raya Idul Fitri. ia juga menyampaikan mengenai perasaan sedihnya karena akan ditinggalkan oleh bulan Ramadhan yang akan segera berakhir dalam hitungan beberapa hari lagi. “11 bulan lamanya kita telah menantikan hadirnya bulan suci Ramadhan ini, mudah-mudahan kita berhasil menjalankan puasa dengan tulus dan ikhlas berharap mendapatkan ridho Allah demi mencapai derajat taqwa,” ungkapnya.

Dilanjutkan Sudirman, bahwa hari Jumat tanggal 31 Mei 2019 ini merupakan hari terakhir melaksanakan tugas, maka ia mengingatkan dan menghimbau kepada seluruh pegawai pada esok hari tanggal 1 Juni 2019 akan dilaksanakan upacara gabungan peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipusatkan lapangan upacara LPKA Klas I Palembang. Ia menerangkan bahwa semua pegawai wajib hadir karena akan dicatat dan diberlakukan absensi khusus yang akan dikirimkan ke pusat. Sehingga bagi pegawai yang tidak hadir akan dikenakan sanksi hukuman disiplin tanpa melalui proses pemeriksaan.

Sudirman juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada Tim Kerja Zona Integritas beserta jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel karena telah berusaha dengan baik dalam memperjuangkan pelaksanaan pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM. “Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan masuk nominasi WBK/WBBM dari penilaian indikator hasil dan indikator pengungkit oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal, maka saya ucapkan terima kasih kepada seluruh tim kerja. Setelah minggu lalu kami di undang ke Jakarta memaparkan materi tentang pelaksanaan pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM pada Kanwil Kemenkumham Sumsel, Alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik dan lancar,” jelas Sudirman.

Dari 33 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM di seluruh Indonesia, 10 Kantor Wilayah ditargetkan oleh Kementerian untuk meraih predikat WBK. Ada Janji pimpinan ketika unitnya mendapatkan predikat WBK/WBBM, yaitu akan dipromosikan pejabatnya dan mendapat kenaikan tunjangan kinerja satu tingkat (grade) bagi para pegawainya.

“Selain dari sarana dan prasarana WBK/WBBM yang harus dipenuhi, yang paling utama harus diperhatikan adalah kebersihan dan kerapihan kantor. Hal ini sesuai dengan arahan dari Pak Sekjen. Benahi semua ruangan, jika ada barang-barang yang tidak dimanfaatkan lagi harus disingkirkan dan ditempatkan pada tempat khusus agar terlihat lebih tertata rapih. Selesai pelaksanaan cuti bersama nanti kita akan melakukan pembersihan dan merapikan ruang kerja. Saya berharap dalam waktu dekat ini kita akan dapat meraih 2 (dua) kemenangan, yaitu Kemenangan dalam pelaksanaan ibadah Puasa Ramadhan dan Kemenangan Dunia karena berhasil memperoleh predikat WBK,” tutup Sudirman.

Apel sore ditutup dengan acara saling bersalaman bermaaf-maafan seluruh jajaran pegawai Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan guna menyambut Hari Raya Idul Fitri yang Insya Allah akan jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019 mendatang. (Rilis/Foto/Editor: Willi/Krisna/Kasubag PPHTI Dedy Zulian)

 1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

 

 

 


Cetak   E-mail