Bupati dan Wakil Bupati Hadiri Safari Ramadhan Kanwil Kemenkumham Sumsel di Lapas Muara Enim

 DSC09174

Palembang_Humas - Safari Ramadhan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan dengan maksud mempererat tali silaturahmi antar pegawai Kemenkumham khususnya di Sumatera Selatan sekaligus meninjau pelaksanaan kegiatan di beberapa satuan kerja selama bulan Ramadhan. Kali ini Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel beserta jajarannya melakukan Safari Ramadhan putaran ke-5 yang digelar di Lapas Kelas IIB Muara Enim pada Rabu (15/5).

Kunjungan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Sudirman D. Hury yang didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Giri Purbadi), Kepala Divisi Administrasi (Indra Gunawan Begab), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Bambang Setyabudi), dan Kepala Divisi Keimigrasian (Hendro Tri Prasetyo) disambut dengan suka cita oleh Kepala Lapas Kelas IIB Muara Enim, Hidayat. 

Kepala Lapas Kelas IIB Muara Enim dalam sambutannya mengatakan bahwa Lapas Muara Enim telah mengadakan beberapa kegiatan selama bulan Ramadan ini, antara lain Pesantren Ramadan dengan program 1 Day 1 Juz serta pelajaran cara mengurus jenazah bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Di bulan puasa ini, Safari Ramadhan menjadi salah satu momentum untuk bersilaturahmi, tidak hanya antara sesama muslim tapi juga non muslim, di mana sikap saling toleransi dan saling menghargai antar umat beragama menjadi nilai yang dititikberatkan. Hal itulah yang yang disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Sudirman D. Hury dalam sambutannya pada safari Ramadhan di Lapas Muara Enim.

Sudirman juga menyampaikan rasa bangganya kepada Lapas Muara Enim atas inovasi yang telah dilakukan di bawah komando Hidayat. "Mudah-mudahan program keagamaan yang dilakukan ini tidak hanya dilakukan selama bulan puasa saja, tetapi bisa berjalan secara berkelanjutan" pesannya. 

Pada kesempatan itu, Sudirman juga berterima kasih kepada Bupati Muara Enim (Ahmad Yani) dan Wakil Bupati Muara Enim (Juarsah) atas kehadiran dan bantuannya untuk Lapas Muara Enim sehingga memudahkan jalannya program pembinaan bagi warga binaan khususnya untuk kegiatan di Pesantren Diniyah Takmiliyah Al Istiqomah Lapas Muara Enim. "Saya juga ucapkan selamat kepada warga binaan yang hari ini diwisuda atas prestasinya sebagai hafiz Alquran 1 juz dan 3 juz. Kita semua berharap warga binaan yang lain juga dapat mengkhatamkan Alquran selama Ramadhan ini meskipun belum bisa hafiz, tapi tentu amalnya tetap dihitung oleh Allah SWT," harap Sudirman.

Pada kesempatan tersebut Kakanwil Kemenkumham juga menyerahkan penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM kepada Bupati Kabupaten Muara Enim atas kontribusi Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim dalam memberikan bantuan dan dukungan dalam pelaksanaan tugas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim. 

Turut hadir dalam kegiatan Safari Ramadhan tersebut para unsur Forkopimda mulai dari Dandim, Kapolres, Kajari, dan beberap tokoh masyarakat serta tamu undangan lain yang hadir. (Rilis/Foto/Editor: Rido/Kasubag Humas Dedy Zulian)

DSC09174DSC09174DSC09174DSC09174DSC09174DSC09174DSC09174DSC09174DSC09174DSC09174DSC09174

 


Cetak   E-mail