Jabatan Merupakan Kedudukan Yang Menunjukan Tugas, Fungsi, Tanggung Jawab, Wewenang, dan Hak Seorang Pegawai ASN Dalam Suatu Satuan Organisasi

DSC07688

Palembang_Humas - Rabu (8/5), Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Sudirman D. Hury mengambil sumpah Jabatan dan melantik Serta menandatangani Pakta Integritas Pejabat Adminstrasi di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan yang digelar di Aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang.

Adapun pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya adalah pejabat yang dilakukan rotasi dan promosi jabatan. masing-masing berasal dari Lapas Kelas I Palembang, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, dan Lapas Kelas IIB Sekayu. Pada saat dilantik, seluruh pejabat melakukan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah jabatan sekaligus penandatanganan Pakta Integritas yang disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel.

Dalam sambutannya usai pemasangan tanda jabatan secara simbolis kepada pejabat yang baru dilantik, ia menyampaiakan bahwa "hari ini merupakan hari yang istimewa dan sangat bahagia bagi saudara-saudara sekalian yang baru saja dianugerahi suatu jabatan yang merupakan amanah. Pada hari ke-3 bulan puasa ini, tentu menjadi rahmat dan berkah dari bulan Ramadhan dimana diberikan suatu kepercayaan amanah oleh Kementerian Hukum dan HAM RI atas suatu jabatan yang merupakan tanggung jawab anda semua".

Kakanwil menyampaikan bahwa dilaksanakannya pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini berdasarkan UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang terdiri dari 141 pasal dan XV BAB, yang disahkan dan diundangkan pada tanggal 15 Januari 2014 melalui Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 6. Yang mana pada Bab V pasal 14, 15, dan 16 menjelaskan tentang jabatan administrator Aparatur Sipil Negara. Yang kemudian diatur dalam peraturan pelaksanaannya yaitu Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 11 Tahun 2017 tentang Manjemen Pegawai Negeri Sipil yang ditetapkan pada tanggal 30 Maret 2017 dan diundangkan pada tanggal 7 April 2017, melalui Lembaran Negara  Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 63.

"Jabatan merupakan kedudukan yang menunjukan tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang, dan hak seorang pegawai ASN dalam suatu satuan organisasi. Sedangkan Jabatan Administrasi itu sendiri adalah sekelompok Jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan," urai Kakanwil. "Jabatan yang telah dipangku harus dipertanggungjawabkan. Yakin saya bahwa kepiawaian kalian telah teruji, oleh karenanya amanah itu harus dipegang. Laksanakan sesuai tupoksi yang telah diatur," tegasnya.

Saat ini dibutuhkan ASN yang profesional dan berkualitas. Jabatan yang diamanahkan kepada kalian harus dipertanggungjawabkan tidak hanya kepada pemerintah, tapi juga kepada Tuhan Yang Maha Esa.  Betapa beratnya tugas kalian kedepannya nanti, yakin dan percaya saya bahwa kepiawaian kalian dalam menjalankan tugas itu teruji. Kalian adalah pemenang, banyak diantara kalian yang memenuhi syarat untuk diangkat dalam jabatan ini. Dengan berbagai pertimbangan dan melalui proses pemilihan, kalian adalah yang terbaik diantara yang terbaik lainnya.

Jabatan itu bukan serta-merta berasal dari pemberian dari siapapun, tapi merupakan hasil dari pertarungan dan kerja keras kalian semua melalui proses yang panjang sejak kalian bekerja dan pada akhirnya melalui proses uji kompetensi. Banyak tantangan ajaib yang telah kalian lewati, oleh karenanya laksanakan tugas kalian sesuai dengan tugas pokok dan fungsi jabatan yang diemban.

"Kesampingkan kepentingan pribadi, golongan, dan kesamping kepentingan keluarga. Kemapuan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab ini lah yang menjadi dasar kalian dalam bekerja. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu melindungi kita semua", pesannya.

"Selamat kepada pejabat yang telah dilantik. Saya berharap agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin sesuai tugas dan fungsinya. Selalu meminimalisir kesalahan di UPT tempat Anda bekerja. Lakukan  yang terbaik dan selalu evaluasi diri, semoga kinerja saudara dapat mendukung kinerja Kantor Wilayah Kementerian hukum dan HAM" tutup Sudirman.

Usai kegiatan pelantikan tersebut, acara dilanjutkan dengan kegiatan Safari Ramadan sekaligus buka puasa bersama yang juga dihadiri oleh seluruh Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham Sumsel beserta para jajaran dan beberapa Kepala UPT kota Palembang. (Rilis/Foto/Editor: Rido/Kasubag Humas Dedy Zulian)

DSC07687DSC07687DSC07687DSC07687DSC07687DSC07687DSC07687DSC07687DSC07687

 

Cetak