Warga Binaan berdesakan saat ingin diperiksa tim dinas kesehatan Kabupaten Musi Rawas dalam Pemeriksaan VCT dan IMS

 
IMG 20171201 WA0007
 
Palembang_Info PAS, Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Lubuklinggau melakukan kerjasama dengan dinas kesehatan kabupaten musi rawas dalam upaya pemeriksaan VCT dan IMS guna mendukung global found komponen aids SSR dalam rangka Hari  Aids Sedunia dan Hari Kesehatan  Nasional, Kamis (30/11/2017)
 
Kalapas Narkotika klas IIA Lubuklinggau Suyatna, dalam sambutanya saat pembukaan acara menyampaikan bahwa terima kasih kepada tim dari dinas kesehatan kabupaten musi rawas yang tidak bosan-bosannya terus bekerja sama dengan lapas dalam pelayanan  kesehatan warga binaan ,saat ini jumlah penghuni Lapas saat ini 730 warga binaan, kesehatan warga binaan sangat rentan apabila tidak di kontrol secara terus menurus. "kita berharap dengan terus menjalin kerja sama ini maka lapas Narkotika klas IIA Lubuklinggau akan bebas dari penyakit menular yang berkaitan dengan  VTC dan IMS", tutup Kalapas.
 
Mewakili dari Dinas Kesehatan Kabupatden Musi Rawas Yoefan menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu program dari dinas kesehatan kabupaten Musi Rawas dalam capaian global found komponen Aids SSR dalam rangka Hari Aids Sedunia dan Hari Kesehatan Nasional dengan bekerja sama pihak lapas maka kami akan memeriksa kelompok resiko seperti, LSL, penasun, waria, WPS, Ibu hamil, pasien TB. Pemeriksaan ini dilakukan secara gratis dan hasilnya akan dirahasiakan sehingga yang terjangkit tidak akan dikucilkan dari teman-teman.
 
"Perlu penanganan khusus terhadap pembinaan kesehatan narapidana dan tahanan saat ini mengingat kapasitas lapas yang sudah overkapasitas, sehingga wargabinaan dalam menjalani masa pidananya terbebas dari ancaman penyakit baik yang dibawa dari luar maupun penularan didalam lapas. Semoga kegiatan pemeriksaan kesehatan saat ini bisa terus dilakukan secara berkala", tambah Kasi Binadik Lapas Narkotika Lubuklinggau Triana Agustina.
 
Tidak hanya itu, salah seorang tahanan Critiandi yang sudah diperiksa mengungkapkan "Saya senang tadi diperiksa oleh tim kesehatan hasilnya negatif dan saya aman dar ipenyakit yang menular semoga wargabinaan di dalam lapas semuanya sehat dan apabila diketahui adanya penyakit menular agar segera ditindaklanjuti supaya tidak berdampak ke wargabinaan yang lain” tuturnya.
Kontributor: Nasrullah/Editor : Kasubag Humas Asnedi.
IMG 20171201 WA0008
 
IMG 20171201 WA0006
 
 
Cetak